Tanya Dokter

  • Jangka waktu terjadinya pembuahan dan penyebab buang air kecil terus menerus setelah hubungan intim

  • Dok, setelah berhubungan kira2 berapa lama jangka waktunya bisa mengalami pembuahan dan setelah 2 hri sesudah berhubungan saya terus menerus kencing2?

    Halo Andhika,

    Pembuahan dapat segera terjadi apabila hubungan seksual dilakukan pada masa subur. Pembuahan adalah proses bertemunya sperma dengan sel telur yang sudah matang.

    Kehamilan dimulai dengan berkembangnya sel telur dalam ovarium atau indung telur. Setelah matang, sel telur ini dilepaskan dari ovarium dan menuju saluran telur atau tuba falopi. Pembuahan harus terjadi dalam waktu 24 jam setelah telur dilepaskan. Bila pada saat ini terjadi hubungan seksual dan sperma masuk ke dalam vagina dan rahim, sperma dapat bertemu dan membuahi sel telur ini. Sel telur yang sudah dibuahi akan menuju rahim, menempel pada dinding rahim, dan berkembang menjadi janin.

    Meningkatnya frekuensi berkemih setelah berhubungan badan mungkin saja merupakan salah satu gejala infeksi saluran kemih (ISK). Gejala ini biasanya disertai dengan gejala berkemih lainnya seperti nyeri saat berkemih, darah yang bercampur dengan urin, sulit menahan BAK, rasa tidak tuntas setelah berkemih, dan nyeri perut bagian bawah. ISK adalah infeksi yang kebanyakan disebabkan oleh bakteri yang berasal dari anus. Bakteri ini bisa berpindah dari anus ke lubang kencing apabila cara membersihkan area kewanitaan yang salah sehingga menyebabkan infeksi. Perpindahan bakteri ini umumnya dapat terjadi setelah berhubungan badan, karena kebiasaan menyeka kemaluan setelah berkemih dari belakang ke depan, kebiasaan menggunakan pembalut jenis tampon, dan memakai kontrasepsi jenis diafragma. ISK juga lebih banyak terjadi pada wanita karena ukuran panjang saluran kemih yang lebih pendek.

    Bila memang gejala menetap, sebaiknya Anda memastikan penyebabnya dengan memeriksakan diri ke dokter agar dokter dapat memeriksa Anda. Selain itu, dokter juga akan menyarankan melakukan pemeriksaan air kencing. Bila memang terbukti ISK, Anda akan diobati dengan antibiotik untuk jangka waktu tertentu.

    Anda dapat melakukan anjuran berikut:

    • segera berkemih setelah berhubungan badan untuk membersihkan saluran kemih dari kontaminasi bakteri yang mungkin berpindah
    • hindari berhubungan badan sampai Anda diobati
    • perbanyak minum air putih
    • jangan menahan BAK
    • hindari penggunaan pembalut jenis tampon
    • biasakan untuk menyeka kemaluan dari depan ke belakang setelah berkemih
    • hindari pemakaian celana yang ketat
    • gunakan celana dalam denga bahan yang mudah menyerap keringat

    Silakan Anda baca artikel ini lebih lanjut: Proses pembuahan sebelum terjadinya kehamilan

    Semoga berguna.

     

    dr. Aloisia