Tanya Dokter

  • bagaimana cara mengurangi denyut pada perut bagian tengah?

  • Mlm dok... Sy perempuan usia 24 thn dan blm menikah. Sy mw tnya 1. ap penyebab denyutan di perut setelah mkn dan minum? Ap itu normal? 2. Sy mengalami ktrlambatan pd saat haid, pdhal sblm'a siklus haid sy slalu normal & nie brlangsng stlah sy mngalami kcelakaan bbrp bln lalu yg mnyebabkan pnggul sy cedera bhkan tdk bs brgerak or bngun dr tmpt tidur. Ap sy bs kmbali pd siklus norml haid? Mohon di jwab. Maaf apbila trlalu bnyk prtnyaan. Trims.

    Hai Penyebab denyut pada perut bagian tengah adalah denyut yang berasal dari aorta abdominalis (pembuluh darah perut yang berukuran besar), ini merupakan hal yang normal dan dapat semakin jelas pada seseorang yang bertubuh kurus. Namun ada suatu keadaan denyut tersebut dapat semakin terasa dan jelas akibat suatu kelainan yaitu aneurisma aorta (pelebaran pembuluh darah aorta), ini jarang terjadi dan umumnya pada usia tua. Siklus haid tidak berhubungan dengan adanya cedera pada panggul, dikarenakan siklus haid diatur oleh hormonal. Cedera akibat kecelakaan yang mungkin dapat mempengaruhi siklus haid adalah cedera pada kepala. Pada usia muda dan belum menikah, umumnya haid dapat tidak lancar akibat ketidakseimbangan hormonal sementara, yang dapat disebabkan oleh:

    • Kelelahan fisik
    • Stres psikologis
    • Diet ketat
    • Penurunan atau peningkatan berat badan secara drastis
    • Obat-obatan.
    Namun bila siklus haid terus menerus tidak teratur, dan atau disertai gejala lain seperti nyeri perut, keputihan, dsb ada baiknya Anda memeriksakan pada dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan USG. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Penyebab haid yang tidak lancar. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william