Tanya Dokter

  • Bagian dada terasa nyeri saat tidur

  •  Hanna
    Anggota

    Malam dok saya ingin bertanya, kenapa pada saat saya sedang berbaring bagian dada saya terasa nyeri? Terutama saat berbaring menghadap sebelah kiri. Mohon penjelasannya dok, terima kasih.

    Hai, Nyeri dada dapat terjadi karena berbagai macam hal, dari mulai yang ringan, seperti nyeri otot, hingga yang membutuhkan perhatian medis dengan segera, seperti serangan jantung. Berikut merupakan beberapa hal yang dapat menyebabkan nyeri dada yang Anda rasakan :

    1. nyeri otot dada - hal ini sering terjadi terutama bila Anda sering berada pada posisi tubuh yang salah dalam berkegiatan sehari-hari, termasuk sering menggunakan laptop atau membaca buku dengan tengkurap
    2. efusi pleura - adanya kumpulan cairan diantara lapisan luar paru
    3. serangan jantung
    4. pneumothoraks - kumpulan udara diantara lapisan luar paru
    5. GERD - penyakit asam lambung
    6. batu empedu
    7. mastitis
    8. dan lainnya
    Berikut merupakan tanda-tanda dari nyeri dada yang biasanya tidak berhubungan dengan kondisi penyakit jantung :
    • sakit berkurang dengan mengubah posisi tubuh
    • sakit bertambah saat menarik napas atau batuk
    • nyeri terasa jika dada ditekan
    • nyeri pada ulu hati disertai rasa terbakar pada tengah dada
    Jenis nyeri dada yang harus diwaspadai adalah nyeri dada pada sebelah kiri, seperti ditekan, menjalar ke lengan kiri, tidak hilang dengan istirahat, disertai keringat dingin, maupun disertai dengan kesulitan untuk bernapas. Sebaiknya Anda tetap memeriksakan secara langsung kondisi Anda ke dokter, terutama jika ada gejala yang termasuk keluhan yang harus diwaspadai serta bila nyeri terasa sangat hebat dan mengganggu serta berlangsung terus menerus. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan melakukan beberapa pemeriksaan penunjang yang diperlukan seperti EKG (rekam jantung), x-ray, lab darah, dan lainnya. Penanganan yang diberikan nantinya akan disesuaikan dengan penyebab yang mendasari keluhan Anda.   Semoga membantu, dr. Dian Paramitasari

    Selamat malam dokter ayah saya peroko berat skrang beliau mengalami sakit yang tidak diketahui yang terjadi sekarang beliau suka mengalami sakit saat batuk, berbicara, dan saat tidur kata nya infeksi paru" karna gambar ronsennya menunjukan bnyak warna hitam pada paru" dan jantung saya tidak tau penyakit apa itu dokter sudah coba ke dokter daerah sini mereka tidak memberitahukan penyakit apa yang ada pada ayah saya mohon minta bantuan nya dok di hasil ronsenya tulisannya seperti ini dok -Cor dalam batas normal -Hilus dam mediastinum tidak melebar -tidak tampak gambaran edema -Kesuraman hampir seluruh lap paru kanan -tidak tampak gambaran efusi/pneumotoraks -sinus dan diafragma dalam batas normal Kesan: -Cor dalam batas normal -Pulmo suggest gambaran br pneumonia dd KP dengan sekunder infeksi. saran mohon dikorelasikan dengan lab dan klinis.