Tanya Dokter

  • Nyeri pada telapak kaki dan sulit untuk berjalan

  •  Cinthya Dewi
    Anggota
    Dok sya wanita umur 21 kaki saya sudah 2 hri ini sakit untuk berjalan biasa, berjinjit dan berjalan kaki sambil mengarahkan kaki keluar Tapi jika di arah kan ke dalam tdk sakit Kira kira penyebab nya apa ya ? Terimakasih
    Cinthya Dewi  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Cinthya Dewi,

    Nyeri pada telapak kaki dapat disebabkan oleh beberapa gangguan yang terjadi pada struktur kaki itu mulai dari tulang pembentuk kaki, ligamen dan sendi kaki, ataupun adanya masalah pada jaringan kulit di kaki itu sendiri.

    Nyeri pada telapak kaki bagian tengah bisa disebabkan oleh peradangan pada lapisan pembungkus otot telapak kaki atau plantar fascitiis, adanya mata ikan atau clavus pada telapak kaki, peradangan sendi atau arthritis, kebiasan menggunakan sepatu atau sandal hak tinggi, ataupun akibat benturan atau terjatuh yang dapat menimbulkan keseleo, peradangan sendi, dislokasi sendi ataupun masalah pada tulang seperti retak atau patah. Masalah kadar asam urat yang tinggi juga bisa menimbulkan nyeri pada telapak kaki.

    Untuk itu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengistirahatkan kaki yang nyeri, mengompres menggunakan es atau coldpack, menaruh kaki dengan posisi lebih tinggi dari tubuh, dan menggunakan obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibupropen. Gunakan sepatu atau alas kaki yang nyaman dan hindari mengunakan hak tinggi selama beberapa waktu.

    Jika keluhan tidak berkurang, periksakan diri pada dokter untuk dilakukan pemeriskaan dan diberikan penanganan yang sesuai. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan juga penunjang yang diperlukan seperti foto rontgen, lab darah ataupun pemindaian dengan MRI jika diperlukan.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.