Tanya Dokter

  • Bahaya atau tidak menghilangkan tahi lalat hidup dengan bawang putih?

  • hallo dok

    dok saya baca artikel di internet tentang cara menghilangkan tahi lalat, salah satunya dengan bawang putih. saya iseng iseng  nyobain gosokin bawang putih ke tahi lalat di pipi saya awalnya perih panas terus setelah beberapa menit udah ga perih dan panas tapi sedikit agak memerah. bahayakah dok terlalu sering menggosokan bawang putih ke tahi lalat? adakah cara lain untuk menghilangkan tahi lalat hidup secara alami selain oprasi kecil?

    terimaksih

    Hallo Wini,

    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Tahi lalat merupakan bintik kecil berwarna cokelat atau agak kehitaman di atas permukaan kulit yang terbentuk dari pengelompokan sel-sel penghasil zat warna kulit bernama melanosit. Tahi lalat ada yang berbahaya, namun ada juga yang tidak berbahaya. Jika tahi lalat dicurigai berbahaya, memang sebaiknya tahi lalat tersebut "dihilangkan". Tahi lalat yang berbahaya merupakan kanker kulit yang dikenal dengan melanomamemiliki tepian kasar dan tidak rata, bentuknya tidak simetris, terdiri dari campuran dua atau tiga warna atau lebih, serta berdiameter lebih besar (melebihi 6 mm). Tahi lalat sejenis ini akan terasa gatal dan kadang-kadang mengeluarkan darah. Di dalam dunia medis, bawang putih tidak dikenal sebagai pilihan dalam menghilangkan tahi lalat. Tahi lalat hanya bisa dihilangkan dengan bedah cukur, bedah eksisi, pembekuan dengan nitrogen, dan cauter / pembakaran jaringan tahi lalat.

    Perlu diketahui bahwa kulit dapat mengalami peradangan, iritasi apabila terjadi kontak dengan bawang putih. enggunaan bawang putih pada kulit bisa menyebabkan kulit kemerahan, melepuh, perih, mengelupas, terasa panas terbakar, gatal, dan bisa menimbulkan bekas kehitaman.

    Sayangnya tidak ada cara alami untuk menghilangkan tahi lalat, namun terdapat upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko tahi lalat menjadi kanker, yaitu dengan menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan, gunakan tabir surya, topi yang lebar, jika berada di luar ruangan ataupun teriknya sinar matahari.

    Demikian semoga dapat membantu,

    dr. Annes