Tanya Dokter

  • Apakah pap smear dapat berbahaya?

  •  Syifa Azizah
    Anggota

    Dok, saya mau tanya apa pap smear itu bahaya dok? saya baru saja kiret 2 bulan lalu dan menurut dokter dimulut rahim saya ada semacam seperti sariawan, apa itu bahaya dok, thanks

    Hai Syifa Pap smear adalah pemeriksaan penunjang untuk mendeteksi dini (skrining) penyakit kanker serviks (leher rahim). Pap smear tidak berbahaya dan justru dianjurkan pada wanita yang telah aktif berhubungan seksual, berusia lebih dari 30 tahun dan memiliki riwayat kanker pada keluarga, karena kanker serviks pada stadium dini biasanya tidak memberikan gejala apapun. Sariawan pada mulut rahim sebenarnya hanyalah istilah, yang dimaksud sariawan itu adalah adanya erosi atau luka pada mulut rahim. Ini dapat terjadi akibat:

    • Peningkatan hormon estrogen seperti akibat kehamilan, KB hormonal
    • Infeksi seperti infeksi jamur, bakteri, atau virus.
    Seperti dijelaskan diatas, salah satu penyebab dari erosi mulut rahim adalah infeksi virus, dimana salah satu virus penyebab adalah HPV (human papilloma virus) yang berpotensi menyebabkan kanker serviks oleh sebab itu dokter menganjurkan untuk dilakukan skrining. Informasi mengenai kanker serviks dapat Anda baca pada artikel  berikut ini: Kanker serviks. Dan mengenai deteksi dini kanker serviks dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Mendeteksi sel abnormal penyebab kanker serviks. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william Semoga membantu ya. Terima kasih.

    Syifa Azizah  Emma.goldwin
    Anggota

    Dok, saya wanita. Aktif berhub. Kirang lebih 3 tahun. Mengeluhkan pendrhan diantara siklus haid. Setelah datang ke dokter didiagnosis vaginitis, mendapatkan terapi AB dan antijamur metronidazole dan fluconazole. Kemudian stlah obat habis, pedrhan tidak hilang. Adapun volume pendrahnnya hanya berupa flek coklat kemerahan dan berlendir. Kemudian konsul kembali ke dokter, usg intip menyatakan rahim saya normal. Tetapi setlah dilakukan tindakan , dokter menyebutkan saya terkena infeksi saluran kemih akut dan erosi portio. Terapi yg d dapatkan ovulae albothyl , ciprofloxacin, dan monuril. Apakah erosi portio memang selalu menjadi tanda awal st. Awal kanker serviks? Apakah dg terapi yg d berikan dokter hanya dapat menghambat perkembangan kanker, ?