Tanya Dokter

  • Bahaya botol/gelas plastik bagi kesehatan

  •  kim.darwin
    Anggota

    Assalamu'alaikum. selamat malam dok. Perkenalkan saya Darwin, sebelumnya begini dok, ibu saya suka sekali minum jus buatan sendiri dengan wadah gelas plastik yang dicuci berulang. nah bagaimana ya dok bahaya nya penggunaan gelas plastik yang dicuci ulang itu sendiri bagi kesehatan? terimakasih.

    kim.darwin  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo kim.darwin,

    Produk plastik merupakan salah satu alat rumah tangga yang sangat digemari karena fungsi, bentuk, ketahanan dan harganya yang memiliki banyak keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan karena pada kemasan plastik memiliki jenis dan bahan material yang berbeda-beda sehingga penggunaannya ada yang dapat digunakan berkali-kali dan ada juga yang hanya bisa digunakan 1 kali saja.

    BPA atau bisphenol dan phthalates merupakan bahan kimia plastik yang erat dikaitkan dengan masalah risiko gangguan kesehatan. Dimanan kedua bahan ini dapat menimbulkan risiko seperti penyakit jantung, kanker, gangguan otakm gangguan kesuburan dan lainnya.

    Untuk itu perlu diperhatikan penggunaan produk plastik sesuai dengan jenis dan fungsinya, pada produk-produk yang dikemas dengan kemasan plastik akan terdapat kode pada bawah bagian produk plastik dimana akan tertera angka 1-7 dalam lingkaran segitiga. Kode ini dimana angka 1,2,4 dan 5 merupakan kode produk yang aman digunakan. Dan kode 3,6,7 merupakan produk yang menggunakan BPA dan phthalates sehingga tidak boleh digunakan berulang begitu juga dengan nomer 1 walaupun tidak mengandung BPA dan phthalates tetapi hanya untuk digunakan 1 kali. Jika ingin digunakan berulang upayakan pilih yang bernomor 5 tetapi perhatikan juga suhu agar tidak terlalu panas saat digunakan.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.