Tanya Dokter

  • Bahaya hamil lagi setelah SC 2th lalu

  •  Princes Agza
    Anggota
    Dok saya wanita berusia 30 th dg 2 anak yg kelahirannya melalui sc dg riwayat panggul sempit .dan saat ini saya pake kb spirall.yg mau saya tanyakan dok... 1.apakah sdh aman jika saya hamil lgi pasca sc nya baru 2 th 2.saya punya riwayat sakit asma yg baru saja saya Ketahui saat saya besar dan hamil srg batuk sesak Apakah bahaya disaat hamil dg asma 3.apa benar dok klo sdh 3x sc sdh tdk boleh hamil lg dan apa bahaya jika lbh dr 3x sc Trima kasih dok utk jwbannyq.

    Hai

    Caesar adalah metode persalinan melalui operasi dimana dilakukan sayatan pada dinding rahim untuk mengeluarkan janin. Oleh sebab itu semakin banyak riwayat operasi caesar, semakin besar juga resiko untuk dilakukan persalinan normal melalui vaginal. Resiko paling berat adalah terjadinya robekan pada bekas sayatan lama operasi terdahulu dikarenakan luka bekas penyembuhan tidak sekuat dengan dinding rahim yang utuh. Biasanya VBAC (vaginal birth after c-sesarea)/persalinan setelah operasi caesar hanya disarankan pada riwayat operasi sesar sebanyak satu kali. Bila telah lebih dari 1 kali operasi caesar maka persalinan berikutnya harus dengan operasi kembali

    Jarak kehamilan kembali setelah operasi caesar adalah minimal 18-24 bulan dimana telah terjadi penyembuhan lebih baik dari dinding rahim. Resiko dari jarak kehamilan dekat dari operasi sesar sebelumnya, antara lain:

    • Ruptur (robek) dinding rahim
    • Lepasnya placenta dari dinding rahim
    • Placenta menutup jalan lahir (placenta previa).

    Asma bronkial adalah kondisi dimana saluran paru lebih sensitif sehingga memudahkan terjadinya kontraksi dan peradangan. Pemicunya adalah alergi. Sebenarnya asma saat hamil aman asalkan asma tetap terkontrol dengan cara mencegah kontak dengan faktor pemicu, misal debu, dingin. Dan mengkonsumsi obat secara rutin bila diperlukan sesuai anjuran dokter. Biasanya obat paling aman pada ibu hamil dengan asma adalah obat dalam bentuk inhaler (hirup). 

    Berikut informasiya:

    Jika hamil mengidap Asma, perhatikan 7 hal penting ini.

    Semoga membantu ya. Terima kasih.

    dr.Yan william