Tanya Dokter

  • bahaya kb suntik

  •  Dede Scatelly
    Anggota

    hallo selamat sore dok saya mau tanya.. saya mengikuti KB suntik 3bulan sekali tp udah sebulan ini saya menatruasi gak berenti2 dok apa itu normal ?? mohon jawabannya trimakasih

    Hai Dede Salah satu efek dari KB hormonal baik itu pil, suntik, ataupun susuk adalah gangguan siklus menstruasi, namun ini berbeda efeknya pada tiap wanita, ada yang mengalami gangguan siklus berupa tidak menstruasi, menstruasi terus menerus, menstruasi banyak atau sedikit, tapi ada juga yang tidak mengalami efek gangguan menstruasi. Ini terjadi akibat dari ketidakseimbangan hormon alami tubuh akibat terpengaruh dari hormon KB. Untuk KB yang kemungkinan besar tidak mengganggu siklus menstruasi adalah dengan KB non hormonal seperti IUD (intrauterin device), salah satunya adalah spiral. Penyebab lain yang dapat menyebabkan menstruasi berkepanjangan adalah:

    Untuk memastikan tidak adanya gangguan dan menstruasi memang efek dari KB, Anda dapat memeriksakan ke dokter kebidanan dan kandungan untuk dilakukan pemeriksaan USG. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william