Tanya Dokter

  • Bahaya menggunakan krim yang mengandung merkuri

  • dok pemakaian cream wajah mengandung mercury apa sudah dapat menyebabkan penyakit berbahaya? apakah betul detoksifikasi merkuri dapat berhasil ?

    Halo Ahmad.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa merkuri dapat ditemukan di dalam sabun, krim pemutih, dan sebagai pengawet produk kosmetik, terutama untuk produk maskara dan pembersih riasan mata.

    Merkuri dalam kandungan krim pemutih wajah memang mampu menghambat pembentukan melanin sehingga kulit tampak lebih cerah dalam waktu yang relatif singkat. 

    Penggunaan merkuri di dalam kosmetika sangat berbahaya dan pemakaiannya sudah dilarang di berbagai negara. Merkuri bersifat korosif pada kulit dan apabila telah terserap kulit dan masuk ke dalam aliran darah === kerusakan pada saluran pencernaan, sistem saraf, dan ginjal.

    Gejala dari keracunan merkuri diantaranya adalah : Insomnia, sakit kepala, fungsi kognitif, daya ingat menurun, mangalami tremor, gangguan sensori ( misal gangguan : penglihatan, pendengaran, berbicara, dll. ), menurunnya indra perasa, gagal ginjal, menurunnya fungsi ginjal, dll.

    Metode detoksifikasi merkuri dari dalam tubuh berupa menghentikan pemakaian produk yang mengandung merkuri, perbanyak makan buah dan sayur, dan perbanyak minum air putih minimal 2 liter perhari.

    Cegah memakai produk perawatan kulit yang mengandung merkuri dengan cara : periksa selalu label komposisi produk ( jika menggunakan bahasa asing yang tidak dikenal === lebih baik jangan dipakai ), hindari memakai produk yang mereknya tidak diketahui masyarakat terlebih jika tesksturnya berwarna abu - abu atau krem.

    Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya :

    MERKURI

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati