Tanya Dokter

  • Bahaya suntik kb saat hamil 2 minggu

  • Hallo dokk saya ingin bertanya bahaya suntik kb pada saat hamil 2 minggu saya tidak tahu kalo saya sedang hamil saya tahu kalo saya sedang hamil saat usia kehamilan sudah 5 minggu

    Hai

    Suntik KB merupakan salah satu metode kontrasepsi hormonal dimana pada KB suntik 1 bulan mengandung kombinasi hormon estrogen dan progesteron, sedangkan KB suntik 3 bulan mengandung hormon progesteron. Hormon sintetik tersebut dapat mempengaruhi keseimbangan hormon alami tubuh sehingga dapat mencegah pelepasan sel telur dari indung telur serta mengentalkan lendir leher rahim sehingga mencegah masuknya sel sperma ke dalam rahim. 

    Salah satu efek samping yang sering timbul dari KB suntik adalah adanya siklus haid yang tidak teratur, misal mengalami keterlambatan sehingga terkadang tidak disadari kalau ternyata sedang hamil. KB suntik memiliki tingkat kegagalan untuk mencegah kehamilan sangat kecil, yaitu sekitar 0.1% dan semakin meningkat bila penyuntikan tidak teratur. Bila ternyata hamil tidak diketahui dan tetap dilakukan penyuntikan, berdasarkan penelitian tidak menimbulkan efek pada janin ataupun kehamilan, namun untuk selanjutnya hentikan KB tersebut.

    Berikut informasinya:

    Kelebihan dan kekurangan KB suntik.

    Semoga membantu ya. Terima kasih.

    dr.Yan william