Tanya Dokter

  • bahayakah melakukan hubungan intim bagi penderita kista bartholin ?

  •  Selva Niar
    Anggota

    Slmt mlm dok ,umur saya 20th dan saya sudah mengalami benjolan pda bibir vagina sbelah kanan yg ternyta adalah kista bartholin ,benjolan itu muncul stelah saya menikah dan aktif melakukan hbungan intim lalu apakah bahaya ketika benjolan itu msh ada dan saya melakukan hbungan dngn suami ?terimksih dok atas jawabanya

    Halo, Benjolan pada dinding vagina dapat disebabkan oleh:

    • Kista bartholin,
    • Abses,
    • Tumor.
    Kista bartholin merupakan kasus yang sering terjadi. Kista bartholin terjadi dikarenakan tersumbatnya muara kelenjar bartholin pada tepi vagina. Hal ini dapat berulang, dan disebabkan oleh:
    • Kelembaban yang tinggi pada daerah vagina,
    • Kurang bersihnya daerah vagina,
    • Infeksi,
    • Perubahan Hormonal.
    Untuk menyembuhkannya dapat diberikan:
    • Sitz Bath, merendam kista dengan air hangat,
    • Antibiotik dan Analgetik (pereda rasa sakit),
    • Insisi (marsupialisasi), kista dipecahkan.
    Bila benjolan tersebut tidak mengganggu kualitas hubungan seksual maka tidak menjadi masalah, namun bila benjolan tersebut merupakan kista yang disebabkan oleh penyakit menular seksual seperti gonorea, maka akan terjadi penularan penyakit terhadap pasangan. Disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter umum atau dokter spesialis kebidanan sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan merencanakan tindak lanjut berikutnya. Berikut saya sertakan artikel tentang Kista bartholine. Semoga bermanfaat, dr. Aditya Pratama

    Selva Niar  Selva Niar
    Anggota

    Dok apakah bahaya jika saya hamil tpi masih ada kista bartholin ini dan bisakah saya melahirkan secara normal dok? Terimakasih atas penjelasanya

    Selva Niar  Rounie
    Anggota

    dok saya ga tahan ni sakit tbc kelenjar udh sampai sakit di kepala saya .

    Selva, pada proses kehamilan dan melahirkan dengan adanya kista bartoline tidak menjadi suatu hal yang berbahaya. Namun bila pada kista bernanah, dan menyebabkan rasa nyeri yang hebat, disarankan untuk melakukan konsultasi kepada dokter spesialis kebidanan. Hal yang perlu dipertimbangkan, bila dilakukan tindakan pengangkatan kista pada saar kehamilan terjadi peningkatan aliran darah pada daerah tersebut yang ditakutkan menyebabkan perdarahan maupun infeksi. Sehingga pertimbangan untuk didiamkan dulu hingga selesai proses persalinan atau dilakukan tindakan pengangkatan saat kehamilan membutuhkan penilaian secara langsung oleh dokter yang menangani kehamilan selva. Semoga bermanfaat, dr. Aditya Pratama.

    Halo Rounie, Kamu dapat membuat pertanyaan pada thread yang baru, dengan memberikan pertanyaan yang lebih mendetail mengenai apa yang kamu ingin ketahui. Terima kasih.

    Selva Niar  sarasara
    Anggota

    Selamat pagi, Dokter. Saya ingin bertanya seputar kelenjar Bartholin ini. Kebetulan tahun lalu saya didiagnosa menderita pembengkakan kelenjar Bartholin. Awal-awal infeksi, kelenjarnya bengkak berganti-ganti sisi; kiri lalu kanan lalu kiri lagi. Sudah di treatment dan ketika hendak operasi, beberapa waktu kemudian infeksinya berhenti dan kelenjarnya sudah ga bengkak lagi. Yang jadi pertanyaan saya adalah sekarang lepas satu tahun sejak treatment itu kelenjarnya mengeras dibawah kulit dan belum sempat saya periksakan lagi. Berbahayakah itu, Dok? Haruskah operasi? Dan kalau memang harus di angkat, efek sampingnya apa ya, Dok? Karena setahu saya, kelenjar Bartholin ini kan gunanya untuk pelumas vagina supaya tidak kering. Kalau diangkat lalu keadaan vagina saya bagaimana? Terima kasih sebelumnya, Dok.

    Halo, Selama tidak menimbulkan keluhan maka tidak diperlukan tindakan lebih lanjut dan pada umumnya tidak berbahaya. Namun ada baiknya untuk tetap melakukan kontrol kedokter spesialis kebidanan agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Pada pengangkatan kista bartholin tidak menyebabkan gangguan yang berarti, namun memang masih terdapat kemungkinan infeksi, perdarahan dan kekambuhan paska dilakukan operasi. Oleh karena itu apa bila tidak menimbulkan keluhan yang berarti dan kista masih dapat disembuhkan dengan pengobatan lain selain tindakan operasi seperti yang dijelaskan didiskusi sebelumnya maka tindakan operasi belum disarankan.

    Selva Niar  Lanie Meilani
    Anggota

    dok, saya sedang hamil 8 bulan. tapi dari sebelum menikah ada benjolan di bibir vagina saya sebelah kanan. saya sempat konsultasi tapi tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan, apakah berbahaya jika saya melahirkan secara normal?

    Selva Niar  Ziya Ziyara
    Anggota
    Hal Lanie dan selva sekarang bagaimana dengan kista bartholinnya apakah sudah hilang ?? sudah lakukan pengobatan apa saja ?? disini saya lebihmenyarankan melakukan pengobatan kista bartholin secara herbal, agar tidakmengganggu proses hubungananda dengansuami  dan tidak ada resikoinfeksi apapun.