Tanya Dokter

  • Berbahayakah mengonsumsi pil diet?

  •  Meyla Revin
    Anggota

    Assalamu'alaikum Dok, saya Icha 16 tahun. Kemarin saya tertarik melihat iklan pil diet yang bermerk "Body Slim Herbal (BSH)." Saya sudah browsing mengenai info obat itu, dan menurut saya itu aman. Akhirnya saya pesan ke salah satu olshop. Tapi Dok, saya ketahuan oleh mama saya dan saya dimarahi katanya obat diet itu bahaya, dan jika pemakaiannya tidak diteruskan malah bisa lebih gendut dari sebelumnya. Sebenarnya saya tidak terlalu gemuk Dok, bb saya 65kg tinggi 163cm. Tapi saya ingin memiliki berat badan 52kg Dok. Bagaimana menurut Dokter? Apakah obat diet tersebut berbahaya dan apa saja efeknya? Dan sudah bolehkah usia 16 tahun mengkonsumsi obat diet? Mohon dibalas, Terima kasih Dok atas jawabannya. Wassalamu'alaikum wr.wb

    Meyla Revin  Meyla Revin
    Anggota

    dok mohon balasannya.. tolong dok. makasihhh

    Halo,   Body slim herbal adalah produk herbal yang komposisinya tidak diketahui secara pasti dan tidak memiliki penelitian ilmiah medis yang memadai mengenai keamanan dan efektifitas obat tersebut untuk menurunkan berat badan. Maka dari itu kami tidak bisa merekomendasikan jenis obat ini kepada Anda untuk dikonsumsi. Sebaiknya Anda menanyakan kepada produsen apakah obat tersebut terdaftas BPOM dan pastikan kebenarannya dengan melakukan pengecekan secara langsung secara online ke BPOM untuk melihat apakah nomor registrasi yang ada telah tercatat. Dilihat dari tinggi Anda maka secara teori berat ideal Anda adalah sekitar 57 kg. Namun berat Anda sekarang masih termasuk dalam BMI sehat (24,46). Jika Anda ingin menurunkan berat badan dalam usia masa pertumbuhan ini (< 18 tahun ) maka sebaiknya Anda melakukan diet sehat dan olahraga. Konsumsi obat obatan hanya akan mengganggu pertumbuhan Anda dan bisa mengakibatkan keburukan di masa yang akan datang. Untuk menurunkan berat badan secara alami maka Anda bisa melakukan hal hal seperti :

    1. Hindari cemilan tidak sehat = kripik, gorengan, makanan manis, makanan berkalori tinggi dll.
    2. Makan porsi kecil
    3. Biasakan sarapan sehat = snackbar, cereal, juice , roti isi dll.
    4. Olahraga teratur = joging, berenang, sepeda statis, jalan cepat, lompat tali dll.
    5. Makan cemilan sehat = buah potong tanpa bumbu, juice, roti isi, salad dll.
    6. Istirahat cukup.
    7. Hindari stress
    8. banyak minum air putih.
    9. Minum 1 gelas air sebelum makan.
    10. Perbanyak buah dan sayuran dalam menu makanan.
    Baca menurunkan berat badan. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    Menghambat pertumbuhan yang bagaimana ya, dok, yang di maksud dokter? Karna saya juga 16 tahun dan sedang konsumsi obat Body Slim Herbal tersebut. Dan yang saya alami tidak memiliki efek samping. Mohon balasannya. Terima kasih.

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.