Tanya Dokter

  • Bahaya terlalu sering melakukan rontgen

  •  Arif Prasetya
    Anggota

    slmt pgi dokter. saya arif mau tny, sya kn di diagnosis trkena efusi pluera yg dsebankn oleh tb. nh sy sdh mnjlani pngobtan slma 5bln..dn slm 5bln itu sya sdh melakukn rngtsen slm 5x dn pd bln ke7 sy dsrankn untuk rongtsen lgi sbgai evaluasi akhir pngobtn. bgaimna pndpt anda dok..sy buth pndpt anda. trimaksih.

    Arif Prasetya  dr. Nofrina
    Dokter

    Hai Arif, Fungsi Rongten pada penderita TBC adalah untuk menegakkan diagnosa dan untuk melihat perkembangan dari pengobatan. Memang benar perlu dilakukan rontgen juga selama pengobatan agar dokter tahu efeknya baik atau tidak baik saat pengobatan berlangsung yaitu dapat dilihat apakah masih banyak atau masih ada flek atau bercak putih saat rontgen . Apabila pengobatan obat TBC yang dianjurkan dokter, anda konsumsi dengan baik, teratur dan tidak pernah bolong sekalipun (tidak minum obat), kemungkinan besar pengobatan 6 bulan obat TBC berhasil yaitu dengan dinyatakan oleh dokter anda telah sembuh dan tidak perlu mengkonsumsi obar tersebut lagi. Akan tetapi jika ternyata masih terdapat sisa flek maka pengobatan ditambah untuk beberapa bulan. Saran saya, sebaiknya ikuti saran yang diberikan oleh dokter yang memeriksa anda, karena beliau mengetahui kondisi kesehatan anda seperti apa saat ini. semoga membantu dan lekas sembuh ya. salam, dr. Nofrina

    Arif Prasetya  Arif Prasetya
    Anggota

    trimakasih atas sarannya. oh ya dokter apakah tidak apa-apa jika rongtsen 6x dlam waktu 7blan.?rongtsen kn ada radiasinya.? pengobatan sya kan sdh berjlan msuk blan ke5dok, kx terkdang untuk menarik nafas panjang kdang terasa sakit dan berat ya dokter. setelah sy konsultasikan ke dokter Sp Paru-paru yang menangani sya itu dikarenakan kekurangan oksigen dan hrs rtin olahraga, sy stiap pgi sdh rtin olahraga tpi kx rsa nyeri dn berat ketika mnarik nfas pnjang masih terasa. bgaimana pndapat anda dokter.?  

    Arif Prasetya  Arif Prasetya
    Anggota

    Arif Prasetya May 31, 2015 at 10:05 am trimakasih atas sarannya. oh ya dokter apakah tidak apa-apa jika rongtsen 6x dlam waktu 7blan.?rongtsen kn ada radiasinya.? pengobatan sya kan sdh berjlan msuk blan ke5dok, kx terkdang untuk menarik nafas panjang kdang terasa sakit dan berat ya dokter. setelah sy konsultasikan ke dokter Sp Paru-paru yang menangani sya itu dikarenakan kekurangan oksigen dan hrs rtin olahraga, sy stiap pgi sdh rtin olahraga tpi kx rsa nyeri dn berat ketika mnarik nfas pnjang masih terasa. bgaimana pndapat anda dokter.? apakah orang yg mnderta skit paru-paru khususny tb ada pantangan dalam hal makanan dokter, seprti dilarang untuk mkan-makanan yg digoreng.?