Tanya Dokter

  • Penanganan serangan jantung pada orang tua

  •  yakri
    Anggota

     Selamat Pagi, Siang Malam Ibu dan Bapak Dokter, Semoga Ibu Bapak Dokter selalu sehat & bahagia aminnn

    Saya mau menyakan penyakit bapak saya, terakhir keluar dari rumah sakit, kata dokternya ayah saya kena serangan jantung , tapi badannya masih sekuat dan suaranya masih keras, 1 hari setelah keluar dari rumah sakit , ayah saya merasakan kepala sakit , dada sakit, nafas sesak , bahu sakit dan deman, untuk bicara aja susah,  dibawa ke rumah sakit lagi sayah saya ngak mau di rawat , mohon bantuanya penyakit apa yang diderita samayah saya , dan bagaimana pengobatan yang seharusnya saya lakukan ? mohon bantuanya penjelsanaya , atas bantuan kami ucapakan terima kasih

     

    warm regard

    Yakri Firdaus

     

     

     

     

    Halo yakri, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Gejala-gejala yang dirasakan oleh ayah anda tersebut dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, berikut ini adalah beberapa kemungkinannya:

    1. Serangan jantung berulang. Orang yang baru mengalami serangan jantung memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami serangan jantung berulang.
    2. Dressler syndrome yaitu perikarditis (peradangan pada selaput jantung) yang terjadi paska terjadinya cedera pada otot jantung (misalnya paska serangan jantung) atau perikardium.
    3. HCAP (health care associated pneumonia) atau infeksi paru didapatkan saat perawatan di rumah sakit.
    4. Stroke atau sumbatan pada pembuluh darah di otak. Orang yang baru mengalami serangan jantung juga memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami stroke terutama pada bulan pertama paska serangan jantung.

     

    Semua kemungkinan penyebab di atas bisa berbahaya bila tidak dilakukan penanganan dengan segera, sehingga ada baiknya anda segera membawa ayah anda kembali ke rumah sakit. Menunda penanganan pada kondisi-kondisi di atas bisa meningkatkan risiko kematian dan kecacatan pada ayah anda. Sementara ini anda dapat memberikan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter ayah anda saat pulang dari rumah sakit sesuai dengan dosis dan aturan minumnya, dan bila terjadi demam, anda juga dapat memberikan obat seperti parasetamol untuk ayah anda. Namun sebaiknya segera bawa ayah anda ke rumah sakit kembali untuk mendapat pemeriksaan dan penanganan yang sesuai.

     

    Sekian informasi yang dapat saya berikan

     

    dr. irna cecilia