Tanya Dokter

  • Penyebab BAB balita tidak lancar dan berlendir cair

  •  YERI U.
    Anggota

    Hallo dok.. mau tnya, ank sy usia 9 bln sjak lahir bysa minum sufor SGM. Nah, skrg kog BAB nya sering dok. Tiap slse minum susu lngsg bab tp dkit dn agak encer tp tdk brlendir. Itu knpa y dok? Apa sudah tdk cocok susunya? Dn bgaimana solusinya?..Trimksih..

    Yeri yang baik,

    perlu diketahui bahwa saluran cerna bayi tentu berbeda dengan saluran cerna orang dewasa. Bayi memiliki saluran cerna yang lebih sensitif dan memiliki kecenderungan untuk mengalami perubahan pola buang air besar ketika terdapat masalah pada saluran cerna. Penyebab yang ada dapat berupa :

    • alergi terhadap kandungan makanan tersebut
    • memiliki intoleransi laktosa sehingga bereaksi terhadap kandungan laktosa pada makanan
    • infeksi saluran cerna misalnya karena higienitas makanan yang kurang terjaga
    • menderita masalah tiroid

    Lendir pada BAB sejatinya merupakan hal yang bisa saja normal oleh karena kotoran memang melewati dinding usus yang dilapisi oleh selaput lendir. Akan menjadi berbeda ketika kotoran bercampur dengan nanah atau darah. Pada kondisi diare yang perlu dilakukan ialah menjaga anak dari komplikasi diare yakni dehidrasi. Berikan asupan cairan pada anak, yang terbaik dari ASI. Bila anak muntah dan tidak dapat masuk cairan ataupun makanan, jangan ragu memeriksakannya ke dokter sebelum anak mengalami dehidrasi. Berikut kami lampirkan artikel mengenai diare bayi. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief