Tanya Dokter

  • Penyebab sering kaget saat bangun tidur

  • Dok aku mau tanya ketika aku tidur aku sering dibangunin teman dan waktu dibngunin aku sering kaget bangun tidur trus lari jatuh bangun?? Apa gejala dan solusinya Terima kasih

    Halo Sheyfi, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Bangun tidur dengan kaget dapat dialami orang pada umumnya, dengan meminta orang lain membangunkan ataupun menggunakan alarm adalah salah satu cara agar seseorang terbangun. Pada saat bangun tidur tubuh dalam kondisi transisi dimana dari kondisi lelap yaotu detak jantung stabil, ritme nafas teratur dan harus tiba-tiba terbangun maka kondisi tubuh akan berubah. Bangun tidur memang disarankan tidak dilakukan secara tiba-tiba dengan mata mulai membuka, atur nafas Anda, rubah posis tidur Anda terlebih dahulu. Dari posisi tidur sebaiknya dududk terlebih dahulu dan kemudian berdiri. Hal ini memang harus dibiasakan agar tubuh tidak "kaget" untuk terbangun. Pada kasus Anda dimana bangun secar tiba-tiba dan sampai terjatuh maka dapat disebabkan oleh adanya perubahan tekanan darah yang secara tiba-tiba. Kondisi ini dikenal sebagai hipotensi ortostatik. Hipotensi ortosatik adalah dimana tekanan darah rendah pada posisi tertentu, dan jika bangun tidur secar tiba-tiba maka tekanan darah belum cukup naik namun tubuh dipaksa untuk terbangun. 
    Maka seperti yang disebutkan di atas, Anda disarankan untuk terbangun dari tidur secara perlahan dari posisi tidur duduk dan kemudian berdiri. 

     

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

     

    Salam, dr. Tiwi