Tanya Dokter

  • Cara mengetahui seseorang berbohong

  •  farhani
    Anggota

    hello dok saya  punya teman yang sering berfikir mungkin karena dia genius. apa mungkin dia ada penyakit psikologis?dia juga insomnia dok. apa ada cara untuk menghentikannya?dia sememnagnya anak yang pintar keperibadiannya terkadang di luar jangkaan. dia sememangnya genius. dia tidak bisa tidur jika saya tidur awal daripadanya. jadi dia akan tidur awal daripada saya. dia juga bijak berbohong. koknya bisa dia berbohong ketika tidur. bisa aja kan dok? ekspresi wajahnya tidak menampakkan dia menipu jadi semua orang akan memngaggapnya dia tidak berbohong. jika orang sebegini cara apayang perlu sya lakuakan agar saya tahu bahawa dia sedang berbohong?

    farhani  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo farhani,

    Kesehatan mental merupakan kondisi batin dalam keadaan tentram dan tenang. Jika kesehatan mental kurang baik maka dapat menimbulkan berbagai kondisi baik kondisi fisik ataupun juga dalam bersosialisasi. Pada fisik dapat didapati beberapa kondisi seperti misalnya gangguan tidur. Tetapi gangguan tidur sendiri selain karena adanya masalah psikologis juga dapat dipicu hal lain seperti kebiasaan tidur, pola aktivitas seperti pekerja shift, makanan dan minuman yang mengandung kafein, efek obat dan lainnya.

    Berbohong merupakan suatu hal yang pernah dilakukan hampir semua orang tetapi jika berbohong dilakukan secara terus menerus dan tidak ada perasaan bersalah mungkin dapat disebabkan karena suatu kondisi psikis seperti mythomania atau pseudologia fantasica dimana merupakan kebohongan yang dilakukan secara terus menerus tanpa adanya rasa bersalah. Tetapi perlu dicari tahu secara benar terlebih dahulu apakah benar-benar teman Anda melakukan kebohongan atau tidak.

    Ajaklah berbicara teman Anda untuk dapat mencurahkan kondisi yang dialami dan juga apa yang Anda rasakan, dengan komunikasi yang baik Anda dapat juga membantu teman Anda mengatasi masalahnya. Jika dirasa tidak mampu atau perbincangan kurang baik, ceritakan masalah ini pada orang tua teman Anda agar jika diperlukan dapat dilakukan pemeriksaan oleh profesional seperti dokter misalnya.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.