Tanya Dokter

  • Batuk pilek dan demam hingga 2 minggu

  • Pagi dok, anak sy usia 7bln sudah skitar 2minggu batuk pilek demam biasanya demam saat sore dan malam hari tp sdh 2hr ini siangnya demam, kmarin dmam sampai 39 kaki dan tangannya dingin. Sy sudah priksakan k bidan dan dokter d puskesmas tp hingga saat ini anak sy msh dmam, obat yg sy brikan sperti hanya menurunkan panas bkn mengobati. Yg saya tanyakan apakah dmam pd anak sy ini berbahaya, tindakan apa yg harus sy lakukan saat ini dan apakah harus cek darah? Krn sy sdikit trauma saat anak sy dmam dan cek darah, pngambilan sample darah sampai 3x darahnya baru bs d ambil. Trimakasih dok mohon jawabannya..
    Nuraini Zhu Ve  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Nuraini,

    Kapan tepatnya anak Anda mengalami demam? Apakah dalam 2 minggu terdapat periode bebas demam tanpa obat penurun demam sama sekali? Atau anak Anda selalu diberi obat penurun demam karena tidak pernah bebas demam dalam waktu 2 minggu?

    Demam pada anak bisa disebabkan karena pasca imunisasi, infeksi saluran pernapasan (termasuk batu pilek), infeksi telinga, radang tenggorokan, demam berdarah, tifus, cacar air, campak, pneumonia, tuberkulosis / flek paru, meningitis, sepsis.

    Apabila demam sudah berlangsung selama lebih dari 3 hari, maka harus diperiksakan ke dokter supaya bisa dilakuan pemeriksaan lanjutan misalnya dengan tes darah dan rontgen bila perlu. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mendeteksi kemungkinan adanya penyakit yang lebih berat misalnya demam berdarah, tifus, pneumonia, ensefalitis, atau meningitis. Apabila penyakitnya sudah diketahui maka penanganan bisa diberikan dengan lebih cepat. Penanganan yang tepat akan mengurangi resiko terjadinya komplikasi pada anak seperti dehidrasi, kejang demam, dan syok.

    Apabila Anda sudah membawa ke dokter umum di puskesmas tetapi belum ada perbaikan, saya sarankan agar Anda membawa anak Anda ke dokter anak supaya bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan penyebab demam, batuk, dan pileknya. Selanjutnya dokter anak bisa memberikan penanganan yang lebih maksimal untuk anak Anda ya.

    Beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

    • Perbanyak pemberian ASI ataupun air putih jika sudah MPASI
    • Biarkan anak istirahat
    • Gunakan baju yang tipis dan nyaman bagi anak
    • Jangan menyelimuti anak atau memakaikan jaket ketika anak demam
    • Kompres hangat dibagian lipatan misalnya ketiak dan selangkangan
    • Mandikan anak dengan air hangat dan seperlunya saja, jangan terlalu lama

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Demam pada bayi

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y