Tanya Dokter

  • Air Kelapa Hijau untuk Batu Empedu

  • Dokter, saya terkena penyakit batu empedu, sering skali sakit. saya sudah datang keberbagai dokter tp obat yg saya minum tdk cocok bahkan 2x saya gatal2 sluruh wajah-badan. sampai akhirnya saya tdk meneruskan berobat. & ada beberapa saran dr org terdekat agar meminum air kelapa muda hijau. menurut dokter bagaimana tindakan yg hrs saya lakukan? terima kasih

    Hi,

    Batu empedu memiliki 3 tahap atau derajat keseriusannya berdasarkan gejalanya:

    1. Pada tahap awal, penderita yang memiliki batu empedu tidak menunjukkan gejala apapun, dan jikalau ada gejala dirasakan sangat ringan. Pada tahap ini, biasanya dokter akan menganjurkan pasien untuk menjalankan pola makan yang sehat.

    2. Pada tahap lanjutan, batu empedu yang berada dalam kantung empedu akan mengalami penyumbatan di saluran empedu sehingga penderita akan merasakan sakit perut yang lebih hebat. Pada tahap ini, dokter akan menganjurkan penderita untuk minum obat penahan sakit atau dilakukan operasi.

    3. Pada tahap komplikasi, batu empedu yang tersumbat akan menyebabkan penyakit lain yang lebih parah seperti infeksi di kandung empedu (cholecystitis acute), infeksi di pancreas (pancreatitis), infeksi di rongga perut (peritonitis), dan lainnya. Pada tahap ini dokter akan langsung menganjurkan penderita untuk menjalani operasi.

    Untuk kasus Anda, jenis obat apakah yang diberikan oleh dokter sebelumnya?

    Untuk mengurangi rasa sakit, Anda dapat mengkonsumsi obat pereda sakit seperti parasetamol (http://www.alodokter.com/paracetamol).

    Hati-hati dalam mengonsumsi obat pereda rasa sakit tanpa pengawasan dari dokter, karena berpotensi menyebabkan komplikasi atau gangguan lebih jauh terhadap organ hati terutama jika kondisi batu empedu Anda tergolong parah.

    Namun jika obat pereda rasa sakit tidak dapat membantu, sebaiknya Anda kembali menemui dokter untuk berkonsultasi membahas pilihan-pilihan pengobatan yang lebih lanjut yang dapat diupayakan, seperti operasi.

    Berikut adalah laman yang dapat menambah informasi Anda mengenai jenis-jenis pengobatan batu empedu : http://www.alodokter.com/batu-empedu/pengobatan/

    Makanan sangat mempengaruhi perkembangan penyakit batu empedu. Diet yang baik untuk pasien dengan batu empedu adalah :

    1. Makanan dengan kandungan lemak dan kolesterol yang rendah

    2. Gandum

    3. Sayur dan buah-buahan

    4. Daging yang tidak berlemak

    Hindari makanan berikut :

    1. Daging merah yang berlemak

    2. Produk-produk yang mengandung susu

    3. Makanan yang berminyak

    Sampai saat ini belum ada penelitian medis yang menghubungkan antara pengaruh air kelapa hijau dengan penyakit batu empedu. Menjaga makanan yang bergizi dan seimbang, dan upayakan untuk menurunkan berat badan secara berkala merupakan pola hidup yang disarankan bagi penderita dengan batu empedu.

    Laman ini baik untuk Anda baca, membahas diet yang baik bagi penderita batu empedu : http://www.webmd.com/digestive-disorders/features/gallbladder-diet-foods-for-gallbadder-problems?page=2

    Semoga cepat sembuh dan semoga info ini dapat bermanfaat bagi Anda.

    Salam,

    dr Henry Andrean