Tanya Dokter

  • Penanganan batu empedu yang telah menimbulkan abses

  •  remuda
    Anggota
    apa yg harus di lakukan apabila kantung empedu sudah abses karena ada batunya,apakah harus di angkat atau masih bisa di obati

    Halo Remuda, terima kasih untuk pertanyaannya.

    Batu empedu yang berukuran besar atau posisinya menyumbat saluran empedu dapat menimbulkan komplikasi lain, salah satunya yakni infeksi hingga memicu terbentuknya abses. Abses adalah penumpukan nanah pada organ tertentu akibat infeksi bakteri. Adanya abses ini merupakan suatu kondisi yang parah karena jika tidak ditangani dapat menimbulkan komplikasi (penyakit lebih lanjut) lainnya, seperti sepsis.

    Penanganan kantung empedu yang sudah berisi abses tidak cukup hanya menggunakan antibiotik. Nanah yang terbentuk perlu disedot atau didrainase. Prosedur ini dapat dilakukan secara laparoskopi (operasi lubang kunci) atau pembedahan terbuka. Hal ini tergantung dari kondisi masing-masing pasien dan pengangkatan kandung empedu juga tergantung dari kondisi tersebut. Pembedahan dipertimbangkan karena kemungkinan komplikasi terjadi sangat besar apabila nanah tidak dikeluarkan (atau didrainase)

    Oleh karena itu, sebaiknya Remuda berkonsultasi kembali dengan dokter yang merawat Anda untuk mendapatkan penanganan yang terbaik. Dokter akan menjelaskan pilihan terapi yang mungkin dilakukan pada kasus Anda dan memberikan penanganan yang sesuai.

    Artikel mengenai batu empedu dan abses kandung empedu dapat dibaca sebagai tambahan.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Sonia L