Tanya Dokter

  • batu empedu yang tidak diobati dan sakit perut sampai tulang belakang

  •  Cinok Asga
    Anggota

    dok..saya pernah di usg sekitar satu tahun yang lalu.Ada batu empedu sebesar gula pasir'tdk saya obati karna waktu itu gak kumat lagi.-Sekarang sakit lg dok...sakit perut saya sampai ke tulang belakang.Tapi saya takut kalo di operasi sebaiknya bagaimana dok?terimakasih atas jawabannya.

    Dear Cinok, Batu empedu terbentuk karena ketidakseimbangan kolesterol dan senyawa lain dalam cairan empedu. Jika batu ini kecil, sering tidak menimbulkan gejala. Jika cukup besar atau banyak dapat menimbulkan gejala:

    • nyeri yang hebat
    • demam tinggi
    • kulit dan sklera mata menjadi kuning
    Melalui USG, dokter dapat mendeteksi adanya batu dalam saluran empedu atau kantung empedu. Jika batu ini telah  ditemukan dan didukung oleh hasil test laboratorium yang memadai, maka dokter akan menganjurkan pengangkatan batu tersebut. Batu tersebut perlu diangkat karena dapat menghalangi masuknya empedu ke dalam saluran cerna yang sangat dibutuhkan untuk pencernaan lemak dalam makanan yang kita makan. Prosedur operasi akan dilakukan dengan bius umum sehingga Anda tidak akan merasakan sakit. Jadi tidak ada alasan bagi kita untuk menolak prosedur ini jika memang dianjurkan oleh dokter bedah. Untuk membantu mencegah munculnya batu empedu, Anda disarankan untuk menerapkan pola makan yang sehat seperti mengurangi makanan yang mengandung kolesterol, bersantan, sea food, menjauhi minuman beralkohol, serta diharapkan dapat menurunkan berat badan dan rajin berolahraga.   Artikel lengkap tentang batu empedu dapat Anda lihat di sini.   Salam, dr. Rony