Tanya Dokter

  • Pengobatan batu empedu

  •  dicky wijaya
    Anggota

    Dok, saya lakilaki 22 tahun sudah kena maag dari Umur 18 tahun. Sekitar 2 tahun lalu saya sempat konsumsi obat diet dan turun drastis 13 kilo dalam jangka waktu gak sampe 2 bulan. Sekitar 2 bulan lalu terjadi peradangan di lambung saya. Dan seminggu lalu saya merasa sakit di bagian ulu ati. Kemudian saya ceckup usg dan mri ternyata selain peradangan di lambung ada juga batu di empedu saya dan stlh cek kadar kalsium di empedu saya juga tinggi. Dokter saya menyarankan untuk operasi. Saya mau tanya oprasi untuk pengangkatan empedu ini di laser atau open surgery ? dan saya mau tanya batu empedu ini masuk dlam salah satu penyebab maag atau sebaliknya ?

    Hai Batu empedu yang tidak menimbulkan gejala apapun biasanya belum perlu memerlukan tindakan operasi. Namun pada Anda dikatakan telah terjadi peradangan pada kandung empedu maka merupakan salah satu dilakukannya tindakan operasi. Tindakan operasi yang dilakukan dapat berupa pengangkatan batunya saja atau pengangkatan kandung empedu (kolesistektomi). Pada batu yang banyak disertai peradangan berulang, bersifat kronis dan dapat terjadinya kekambuhan maka dipertimbangkan untuk dilakukan pengangkatan kandung empedu untuk mencegah terjadinya pembentukan kembali batu empedu. Terdapat 2 metode operasi yaitu bedah terbuka dengan membuka perut dan laparoskopik dengan melubangi sedikit perut untuk dimasukan semacam selang dengan pisau dan kamera. Dengan metode laparoskopik mempunyai kelebihan, yaitu:

    • Masa rawat inap lebih singkat
    • Proses penyembuhan dan pemulihan lebih cepat
    • Penyayatan lebih sedikit sehingga bekas luka tidak terlalu mengganggu kosmetis.
    Namun metode laparoskopik lebih mahal, tidak semua rumah sakit dapat melakukannya dan tidak dapat dilakukan pada infeksi yang telah terjadi penyebaran diluar kandung empedu. Batu empedu dapat menyebabkan gejala seperti sakit maag, yaitu nyeri ulu hati, kembung, mual, muntah, dsb. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Batu empedu. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william