Tanya Dokter

  • Tidak pernah BAB selama meminum obat batu empedu

  • Siang dok,begini Ayah saya berusia 69 tahun dan nemiliki berat badan yg berlebih,dokter mendiagnosa penyakit batu empedu,lalu apakah wajar jika dalam mengkomsumsi obat ayah saya jd tidak pernah BAB dalam seminggu. Terimakasih.

    Hai, Terdapat beberapa obat yang dapat memberikan efek samping seperti konstipasi. Jika ayah Anda mengkonsumsi obat yang dapat memberikan efek samping konstipasi, maka bisa saja belum BAB dalam 1 minggu. Namun perlu diketahui penyebab konstipasi yang lain:

    • kurang konsumsi serat
    • pola makan yang buruk
    • kurang minum air mineral
    • stres, cemas
    Usahakan agar ayah Anda memiliki pola makan teratur, perbanyak minum air mineral, dan mengurangi konsumsi kafein/ alkohol. Selain itu lakukan olahraga rutin sesuai kemampuan fisik, dan tidak mengabaikan keinginan saat akan BAB. Jika masih susah untuk BAB, dan untuk mengetahui kondisi lebih lanjut, sebaiknya periksakan ke dokter. Sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan tes penunjang lain yang diperlukan, untuk mengetahui jika terdapat penyebab medis lain yang mendasari, serta evaluasi terhadap obat-obat yang dikonsumsi. Penanganan akan diberikan sesuai dengan hasil pemeriksaan yang didapatkan.   Semoga bermanfaat, dr. Jessica