Tanya Dokter

  • Penanganan penyakit batu ginjal

  • Bagaimana caranya mengobati penyakit batu ginjal dengan alami Dok?

    Halo Sanjay.........

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa penyakit batu ginjal atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai nefrolitiasis merupakan suatu keadaan ketika material keras yang menyerupai batu terbentuk di dalam ginjal.

    Material keras tersebut berasal dari sisa zat - zat limbah di dalam darah yang di sAring oleh ginjal dan kemudian mengendap serta mengkristal seiring waktu. Endapan batu di dalam ginjal juga dapat disebabkan oleh makanan atau masalah kesehatan lain yang mendasari.

    Gejala - gejala yang umumnya muncul jika seseorang menderita batu ginjal diantaranya adalah : nyeri yang menetap pada perut bagian samping/ punggung bagian bawah/ pinggang / selangkangan / testis, meningkatnya frekuensi buang air kecil dan rasa sakit saat berkemih, warna urin yang tampak keruh dan beraroma tidak sedap, mual dan disertai muntah, sulit beristirahat karena sulit menemukan posisi yang tepat.

    Pengobatan penyakit batu ginjal dilakukan tergantung kepada ukuran dari batu. Jika batu ginjal masih tergolong kecil atau menengah, serta masih dapat melewati saluran kemih tanpa harus dilakukan operasi, maka dokter biasanya akan menyarankan untuk meminum air putih sesuai takaran yang disarankan. Dengan adanya cairan secara terus menerus, diharapkan batu ginjal dapat terdorong keluar dengan sendirinya.

    Akantetapi jika batu ginjal sudah cukup besar, maka penanganannya harus dengan prosedur khusus di mana biasanya metode yang digunakan adalah prosedur operasi dengan energi Laser, ultraSound, dll.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati