Tanya Dokter

  • Hubungan pelvis melebar dengan batu ginjal

  •  amanda amanda
    Anggota
    selamat pagi dok, hasil usg saya menunjukan ginjal kanan : pelvis melebar ringan, terdapat batu ukuran 0,50 cm dan ginjal kiri : pelvis melebar, terdapat batu ukuran 0,50 cm dan 0,54 cm. yang mau saya tanyakan adalah, apakah pelvis melebar tersebut dikarenakan batu ginjal dok? apakah bila batu ginjal berhasil dikeluarkan, pelvis akan kembali normal? menurut dokter yg menangani saya belum perlu dilakukan tindakan operatif karna batu masih berukuran kecil, dan bisa dikeluarkan melaluin urin.. tapi apakah tidak berbahaya kalau saya banyak minum airputih saat pelvis melebar? mohon penjelasannya dok, terimakasih.
    amanda amanda  amanda amanda
    Anggota
    dok tolong dibalas

    Hai Amanda

    Pelvis atau lebih lengkapnya disebut dengan pelvis renalis merupakan saluran urine yang terdapat di dalam ginjal. Bila terjadi penyumbatan pada ujung saluran, misal akibat batu ginjal maka akan dapat terjadi pelebaran saluran tersebut. Pelebaran ini dapat diketahui melalui pemeriksaan USG (ultrasonografi). 

    Dari hasil penelitian, batu ginjal yang berukuran kurang dari 1 cm (0.6-0.7 cm) yang dapat keluar dari sendiri melalui buang air kecil. Cukup dengan minum air putih banyak, maka diharapkan batu dapat keluar dengan sendirinya. Bila diperlukan juga dokter biasanya akan memberikan pengobatan untuk melebarkan saluran kemih sehingga membantu mengeluarkan batu ginjal yang ukuran kecil. Setelah batu ginjal keluar maka tentunya saluran yang melebar tersebut akan kembali pada ukuran semula karena bersifat elastis. 

    Batu ginjal sebagian besar tidak bergejala apapun dan tidak sengaja ditemukan saat melakukan pemeriksaan USG. Beberapa gejala yang dapat ditimbulkan pada batu ginjal antara lain:

    • Nyeri pinggang hebat bila terjadi sumbatan. Dapat terasa juga pada perut bagian bawah kiri atau kanan.
    • Buang air kecil disertai darah karena gesekan batu pada dinding saluran kemih.

    Pada batu ginjal yang besar, kemungkinan besar tidak dapat keluar dari saluran kemih dan berpotensi menimbulkan komplikasi seperti sumbatan dan infeksi. Beberapa metode penanganan yang umum dilakukan antara lain:

    • ESWL (extracorporeal shock wave lithotripsy), yaitu metode penghancuran batu ginjal dengan gelombang energi sehingga ukuran batu menjadi lebih kecil dan dapat keluar saat buang air kecil.
    • Bedah terbuka. Prosedur pengangkatan batu ginjal dengan operasi bedah terbuka. Umumnya digunakan pada batu ginjal yang berukuran sangat besar.

    Secara lengkap dapat Anda ikuti pada artikel dan diskusi berikut: 

    Penanganan batu ginjal.

    Metode penghancuran batu ginjal. 

    Semoga membantu ya. Terima kasih.

    dr.Yan william