Tanya Dokter

  • Mengenai pengeluaran batu ginjal dengan banyak minum air

  •  amanda amanda
    Anggota
    selamat pagi dok, hasil usg saya menunjukan ginjal kanan : pelvis melebar ringan, terdapat batu ukuran 0,50 cm dan ginjal kiri : pelvis melebar, terdapat batu ukuran 0,50 cm dan 0,54 cm. yang mau saya tanyakan adalah, apakah pelvis melebar tersebut dikarenakan batu ginjal dok? apakah bila batu ginjal berhasil dikeluarkan, pelvis akan kembali normal? menurut dokter yg menangani saya belum perlu dilakukan tindakan operatif karna batu masih berukuran kecil, dan bisa dikeluarkan melaluin urin.. tapi apakah tidak berbahaya kalau saya banyak minum airputih saat pelvis melebar? mohon penjelasannya dok, terimakasih.
    amanda amanda  dr. Prasetyo
    Dokter

    Halo Amanda, terimakasih sudah bertanya di Alodokter.com

    Pelvis ginjal adalah suatu rongga di dalam ginjal yang berhubungan langsung dengan ureter, bila terjadi adanya sumbatan maka aliran urin tidak lancar sehingga meningkatkan tekanan dalam rongga ginjal sehingga menyebabkan pelebaran pada rongga pelvis ginjal. Namun hal ini perlu dipastikan kembali dengan pemeriksaan lebih lanjut. 

     

    Bila melihat dari keterangan Anda, dimana terdapat batu pada ginjal (dapat pada rongga pelvis ataupun calyx) dengan ukuran 0,5 cm maka umumnya akan diusahakan untuk ditangani dengan pengobatan (baik sebagai pelebar saluran maupun penghancur dari batu itu sendiri). Masalah apakah dapat kembali seperti semula, itu tergantung pada keparahan penyakitnya. Jika ditangani pada tahap yang dini maka ini merupakan kondisi yang reversibel tetapi jika dibiarkan dapat berakibat fatal (mengingat tekanan tinggi pada rongga pelvis dapat menekan struktur ginal yang lain dan mengganggu fungsi dari ginjal sehingga dapat berpotensi mengalami gangguan fungsi ginjal). 

    Konsumsi air putih dalam batas normal umumnya tidak bermasalah selama nilai pemeriksaan fungsi ginjal dalam batas normal. Kami sangat menyarankan Anda untuk rutin kontrol pada dokter yang merawat Anda agar dilakukan follow up secara rutin, dan Anda pun mengetahui perkembangan kondisi Anda -- jika memang batu dapat hilang dengan konsumsi obat maka akan dilanjutkan dengan merubah pola hidup yang lebih sehat, namun bila batu tidak dapat hilang atau ukuran membesar maka akan dilakukan tindakan operatif. Untuk lebih lanjut Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis yang merawat Anda. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, dr Prasetyo