Tanya Dokter

  • Penyebab sesak napas pada penderita batu ginjal

  •  rositi
    Anggota
    selamat malam dok, dok? akhir akhir ini bapak saya suka sesak nafas, 2 minggu yg lalu habis opname dan di diagnosa batu ginjal namun masih bisa di obatin tanpa OP. terus selain itu juga diagnosa lambung. yang ingin saya tanyakan.. sebenar nya apa penyebab dari sesak nafas itu dok? terima kasih

    Helop Sdr. Rositi,

    Penting Anda ketahui bahwa sesak napas itu merupakan suatu gejala yang dapat timbul dari banyak sekali penyebab, diantaranya :

    • gangguan saluran napas itu sendiri (misal infeksi, asma)
    • penyakit paru obstruksi kronis (akibat paparan rokok yang berlangsung lama),
    • gangguan pada jantung,
    • anemia,
    • komplikasi akibat penyakit ginjal kronis.

    Dari cerita Anda, andaikan kita kaitkan antara batu ginjal dan sesak napas yang dialami ayah Anda, maka terdapat suatu hubungan yang sangat kompleks dan multifaktor. Kita tahu bahwa tubuh manusia memiliki 2 buah ginjal yang sama-sama bertugas memfiltrasi cairan hingga terbentuk urin, di samping juga menjaga keseimbangan elektrolit tubuh, serta beragam fungsi lainnya. Ketika terdapat batu yang cukup besar tumbuh dalam ginjal, tentu saja ginjal akan terganggu dalam menjalankan fungsinya. Bila ini berlangsung lama, terlebih ukuran batu yang menyumbat cukup besar dan terdapat di kedua ginjal, maka risiko terjadinya penyakit ginjal kronis makin besar. Tubuh akan melakukan kompensasi terlebih dahulu dengan beragam mekanisme hingga pada akhirnya tubuh lelah dan timbullah berbagai gejala yang akan dirasakan oleh si penderitanya. Gejala tersebut antara lain : bengkak kedua kaki, mudah sesak, lemas, pucat, mual/muntah, dan lain sebagainya. Pada beberapa kasus, batu ginjal tidak harus dioperasi, seringkali pada batu yang berukuran kecil hanya memerlukan obat pemecah batu ditambah mengubah pola hidup dengan mengonsumsi lebih banyak air putih sehingga diharapkan batu akan keluar dengan sendirinya bersama dengan urine.

    Uraian di atas belum tentu menggambarkan kondisi ayah Anda yang sebenarnya karena kembali saya tekankan bahwa banyak sekali penyebab sesak napas tersebut. Hanya melalui riwayat yang detail ditambah dengan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti rontgen lah yang dapat membantu dokter memperkirakan kemungkinan terdekat atau bahkan alasan pasti yang mendasari sesak napas tersebut. Untuk itu, informasi yang baik mengenai apa kemungkinan sebab sesak napas yang dialami ayah Anda hanya dapat diberikan oleh dokter yang merawat ayah Anda selama di opname di RS.

    Karena penyebab sesak napas dapat berasal dari berbagai sumber, maka pengobatannya juga bersifat individual tergantung dari penyebab yang mendasarinya. Bila kini ayah Anda telah menjalani perawatan di rumah, ikutilah anjuran dokter sebelumnya karena dokter tersebutlah yang mampu memberi saran yang tepat sesuai dengan kondisi ayah Anda.

    Demikian, semoga membantu

    terima kasih