Tanya Dokter

  • Penyebab tidak bisa tidur pada lansia

  •  Danny Hams
    Anggota
    Selamat malam Alodokter.. Ibu saya berusia 67 thn ada batu ginjal di kedua ginjalnya sdh sempat di operasi dan skrg mengidap ulkus di lambungnya lalu Sepsis di dlm darahnya dan skrg ibu saya sdh rutin cuci darah seminggu 2x,setelah cuci darah sekitar 4/5 jam ibu saya sadar penuh tetapi setelah seharian menjelang malam ibu saya ngoceh trus kadang menagis terkadang ketawa dan selalu bercerita dan tidak bisa tidur sampai nanti dilakukan cuci darah kembali.. mengapa bisa terjadi seperti itu Dokter mohon penjelasannya, terima kasih 😇

    Halo

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Alodokter

    Seseorang yang memiliki usia diatas 60 tahun dikenal dengan kelompok usia lansia. Usia lansia ini cenderung memiliki banyak sekali gangguan baik secara fisik maupun fungsi kognitif atau intelektualnya. Sekumpulan gangguan klinis pada kelompok usia lansia ini dikenal dengan sindrom geriatri. Walaupun hingga saat ini belum terdapat batasan dalam definisi sindrom geriatri, namun ada beberapa kondisi yang termasuk dalam sindrom geriatri ini adalah:

    Pada ibu Anda kemungkinan selain dari penyakit yang mendasarinya (batu ginjal, tukak lambung, dan sepsis), terjadi pula kondisi sindrom geriatri ini yang mempengaruhi fungsi kognitif (pemikirannya), aktivitas sehari-hari, dan gangguan mobilitas. Jadi memang beberapa hal yang Anda utarakan cukup umum dan cukup sering ditemui pada pasien lansia di rumah sakit.

    Untuk penanganannya memang sebainya dikembalikan lagi pada dokter spesialis penyakit dalam yang merawat ibu Anda. Ikutilah anjuran dokter tersebut dan jangan lupa untuk cuci darah tepat waktu untuk membantu mengeluarkan zat sisa metabolisme dari tubuh ibu Anda. Untuk cairan sebaiknya dibatasi agar tidak menambah beban kerja dari jantung ibu Anda.

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

    dr. Winda Indriati