Tanya Dokter

  • Batu hitam kecil yang keluar dari benjolan dalam tubuh

  •  Ririani
    Anggota
    Dok saya mau tanya, di tubuh saya kadang2 muncul benjolan warna gelap lalu ketika saya pencet keluar nanah darah serta batu hitam kecil yang keras serta terkadang ditubuh saya seperti ada bulu rambut keci yang menonjol di kulit dan rambut itu hitam dan keras seperti injuk sapu dan sekitar rambut itu pasti sakit karena itu saya harus mencabutnya baru rasa sakitnya hilang. Saya kenapa ya dok? Terus kalau mau berobat harus ke bagian mana?

    Halo Ririani, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Adanya benjolan atau nanah yang keluar dari kulit dapat disebabkan oleh berbagai kondisi. Nanah merupakan suatu kompensasi tubuh dari adanya suatu proses infeksi. Dari infeksi tubuh akan melakukan perlawanan dari bakteri atau kuman yang masuk dan terbentuklah kumpulan sel-sel tubuh serta kuman penyebab penyakit menjadi cairan nanah di dalam kulit. Pada kasus Anda dimana kondisi ini timbul pada area yang ditumbuh rambut, maka beberapa kondisi yang dapat dipikirkan menjadi penyebab dari keluhan Anda saat ini adalah sebagai berikut: 

    1. Folikulitis. Peradangan atau infeksi pada folikel rambut atau pori-pori yang ditumbuhi dengan rambut. 
    2. Infeksi kulit. Infeksi dari bakteri bisa menyebabkan keluhan tumbuhnya benjolan yang ditandai dengan timbulnya nanah
    3. Kista. Adanya benjolan yang berisis cairan ini dapat timbul dibagain tubuh manapun. Perlu pemeriksaan yang detail mengenai jenis benjolan berupa kista
    4. Soft tissue tumor. Adanya tumor pada jaringan lunak area tubuh Anda
    5. Lipoma. Adanya tumor jinak berupa pertumbuhan sel atau jaringan lemak.
    6. Adanya kondisi medis lainnya. 

    Kondisi-kondisi di atas dapat menyebabkan keluhan Anda saat ini, namun dapat juga disebabkan oleh adanya kondisi medis lainnya. Untuk mengetahui secara detail perlu dilakukan konsultasi dan pemeriksaan langsung oleh dokter untuk menilai karakteristik dari benjolan dan batu yang Anda maksud. Dokter umum atau dokter kulit dapat menjadi pilihan untuk dilakukan pemeriksaan. Dengan demikian dapat dilakukan penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda demi mencegah terjadinya komplikasi. 

     

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

    Salam, dr. Tiwi