Tanya Dokter

  • Batu ureter

  •  Elyaz
    Anggota
    Halo dok..mau tnya sebulan yg lalu saya di diagnosa batu ureter..trus di lakukan tindakan urs.tp kok setelah sebulan msh terasa nyeri yg gak hilang2 di bagian bawah pusar trus keselangkangan dan testis.trus klo mlm sering buang air kecil ya dok??kira2 sakit ap ya dok?ktnya ada batu udah di lakukan urs kok msh sama sblum ada tindakan mksh.

    Halo Elyaz, 

    Terima kasih atas pertanyaannya, 

     

    Batu ginjal merupakan endapan menyerupai batu di dalam ginjal yang diakibatkan adanya endapan yang mengkristal dan mengeras selama bertahun-tahun. Ginjal merupakan organ yang berfungsi menyaring dan membuang semua zat yang tidak dibutuhkan di dalam tubuh. Manusia memiliki 2 ginjal kanan dan kiri. Terbentuknya batu ginjal sangat dipengaruhi dari gaya hidup yaitu makanan dan minuman yang masuk di dalam tubuh serta adanya kondisi kesehatan yang mendasari. Jenis batu ginjal pun terbagi atas 4 macam yaitu: 

    1. Batu kalsium
    2. Batu asam urat
    3. Batu struvit
    4. Batu sistin

    Gejala yang ditimbulkan adanya batu ginjal sangat bergantung dari ukuran dan jumlah batu ginjal yang ada. Pada umumnya penderita merasakan adanya nyeri pinggang, nyeri berkemih, adanya darah pada urin dan jika sudah melibatkan penurunan fungsi ginjal maka pasien akan merasakan mual bahkan muntah. 

    Penanganan batu ginjal bergantung dari ukuran batu ginjal tersebut. Jika ukuran batu sangat kecil maka dokter akan menyarankan untuk pasien meminum air putih banyak dengan harapan batu akan terdorong dengan cairan urin secara terus menerus. Selain itu juga dapat dibantu dengan pemberian obat-obatan tertentu dengan tujuan merilekskan saluran kemih agar batu kecil dapat keluar dengan sendirinya. Beda halnya dengan batu yang berukuran lebih besar dimana patokan adalah lebih dari 0,6 cm maka akan disarankan untuk melakukan tindak operasi. Adapun beberapa pilihan tindak operasi yang dapat dilakukan sebagai berikut: 

    1. ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy). Tindakan ini dilakukan dengan tujuan menghancurkan batu ginjal dengan menggunakan gelombang suara frekuensi dan serpihan akan keluar melalui urin
    2. Ureteroskopi atau dikenal dengan URS. Prosedur ini dilakukan dengan memasukkan alat melalui saluran kemih masuk ke dalam kandung kemih dan setelah mengenai batu maka akan dihancurkan dengan instrumen tertentu ataupun dengan laser. 
    3. PCNL (Percutaneus Nephrolithotomy). Tindakan ini dilakukan dengan melakukan sayatan di kulit dan memasukkan alat menuju letak batu. Dan akan dihancurkan dengan instrumen khusus juga. 
    4. Bedah terbuka. Tindakan ini hanya diperuntukkan untuk batu ginjal yang sangat besar. 

    Dokter akan menyarankan prosedur yang sesuai dengan kondisi pasien. Selan itu, perlu dipikirkan adanya penyakit lain yang mendasari ataupun yang menyertai adanya batu ginjal. Melihat seberapa toleransi tubuh pasien terhadap tindakan operasi. Pada kasus Anda dimana masih terasa nyeri di bawah pusar yang menjalar ke ke selangkangan dan testis dapat merupakan kondisi yang erbakitan dengan batu sebelumnya atau juga dapat disebabkan oleh adanya kondisi lain. Beberapa kondisi yang dapat menimbulkan kondisi Anda saat ini adalah sebagai berikut: 

    1. Adanya komplikasi dari batu sebelumnya
    2. Terbentuknya jaringan parut sebagai bekas luka pada saluran kemih
    3. Terbentuknya kembali batu pada saluran kemih
    4. Adanya kondisi atau gangguan dari saluran pencernaan
    5. Hernia
    6. Infeksi saluran kemih
    7. Dipikirkan adanya gangguan pembuluh darah

    Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kondisi Anda sebaiknya diperiksa kembali oleh doker yang telah merawat Anda. Batu yang sudah ada atau dioperasi tidak menutup kemungkinan terjadi kembali pembentukan batu atau belum semuanya dikeluarkan dengan sempurna. Konsultasi dan pemeriksaan ulang dapat mengetahu penyebab kondisi Anda saat ini sehingga dapat dilakukan penangana yang sesuai selanjutnya demi mencegah terjadinya komplikasi. 

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermafaat.

    Salam, dr. Tiwi