Tanya Dokter

  • Demam, batuk terasa sakit, dan mengeluarkan darah bercampur lendir

  •  Dee andi
    Anggota

    assalamualaikum.wr.wb selamat siang dok umur 22th, saya mau bertanya dok,sudah lebih dari 1 minggu ini saya mengalami: -Demam (panas,pusing)  disertai batuk -saat batuk perut terasa sakit -kadang-kadang keluar darah bercampur dengan lendir kondisi kesehatan saya, 6bulan yang lalu saya sakit demam berdarah. dan 6bulan setelahnya saya alhamdullilah merasa sehat. tp selama 1 minggu ini saya mengalami demam seperti diatas. jadi pertanyaan saya, apa ada hubungannya demam dan batuk yg saya alami sekarang ada kaitannya dengan demam saya yg saya rasakan 6bulan sebelumnya dok? atau ini hal yg baru, karena saya seorang perokok?  langkah awal yang seharusnya saya lakukan untuk sembuh kembali apa dok? terimakasih sebelumnya

    Halo,   Batuk merupakan mekanisme tubuh untuk membersihkan saluran pernafasan dari kotoran dan lendir yang diproduksi oleh saluran nafas. Demam yang Anda rasakan 6 bulan lalu tidak ada kaitan dengan demam dan batuk Anda sekarang karena demam yang Anda rasakan sebelumnya diakibatkan infeksi virus demam berdarah yang biasanya sembuh sempurna. Kondisi Anda sekarang mungkin disebabkan karena :

    1. Flu.
    2. Infeksi saluran nafas atas.
    3. Infeksi saluran nafas bawah = pneumonia, dll.
    4. Infeksi TBC
    5. dll.
    Keluarnya lendir bercampur darah merupakan suatu tanda serius yang harus diperiksakan lebih jauh. Darah yang berada bercampur dengan lendir bisa mengindikasikan penyakit serius seperti TBC, tumor paru, kanker paru dll. Namun bisa juga terjadi akibat iritasi saluran nafas karena batuk yang kuat sehingga menyebabkan pembuluh darah kecil pecah dan mengeluarkan sedikit darah yang akhirnya bercampur dengan lendir Anda. Karena itu sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter terdekat. Dokter akan memeriksa dan melakukan tes medis yang perlu seperti foto rontgen, tes darah dll untuk memeriksakn kondisi kesehatan Anda. Dengan mengetahui penyebabnya maka pengobatan yang tepat bisa diberikan. Agar keluhan batuk Anda berkurang maka Anda bisa melakukan beberapa tips seperti :
    1. minum madu dan lemon untuk melegakan tenggorokan.
    2. makan permen pelega tenggorokan
    3. minum obat pereda demam seperti paracetamol.
    4. banyak minum air putih.
    5. hindari makanan berminyak dan bersantan.
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi