Tanya Dokter

  • Batuk yang tidak kunjung sembuh

  •  Ekno29
    Anggota

    dok saya mau tanya, 1 bulan yg lalu sy habis batuk tidak berdahak, setelah batuk tiba-tiba area tulang dada bagian tengah dekat leher itu Bengkang, itu apa ya dok? emang waktu batuk bulan lalu dada tengah  atas terasa nyeri kl batuk

    Ekno29  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Ekno29,

     

    Batuk kerap kali mengganggu seseorang karena rasa gatal pada tenggorokkan yang kemudian timbul batuk. Batuk sebenarnya merupakan salah satu refleks tubuh yang disebabkan karena adanya partikel asing pada saluran nafas bagian atas. Selain dari munculnya batuk, umumnya batuk dapat disertai dengan pilek, bersin-bersin, demam atau nyeri-nyeri pada persendian.

     

    Beberapa penyebab dari batuk yang umum adalah karena reaksi alergi, infeksi virus influenzaBronkitisPneumonia, atau akibat dari merokok. Pada terjadinya batuk, terjadi juga penarikan pada otot pada leher dan juga rongga dada sehingga pada batuk yang terjadi dengan frekuensi cukup sering atau batuk yang keras dapat menyebabkan rasa nyeri pada area tersebut.

     

    Pada keluhan batuk, beberapa anjuran yang dapat anda lakukan diantaranya minum dengan air hangat dan untuk sementara waktu hindari minuman dingin, hindari makanan gorengan, dan berhenti apabila anda merokok. Jauhi penyebab alergi apabila terdapat riwayat alergi.

     

    Namun apabila batuk yang anda alami tidak kunjung sembuh lebih dari 2 minggu, disertai dengan demam atau rasa sesak, atau rasa nyeri pada dada semakin memberat sebaiknya lakukanlah konsultasi dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan sehingga anda dapat mengetahui penyebab batuk melalui pemeriksaan fisik ataupun pemeriksaan penunjang yang dilakukan seperti pemeriksaan dahak atau pemeriksaan darah atau foto Roentgen sehingga pengobatan yang diberikan dapat sesuai dengan kemungkinan penyebab dari batuk.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.


    Salam,

     

    dr. Irvandi