Tanya Dokter

  • batuk tiap habis makan

  •  Anna Sofie
    Anggota

    Saya batuk sdh 2bln. Saya mengalami batuk tiap kali saya hbis makan, jd bila tdk makan saya tdk batuk. Saya sdh beberapa kali priksa d dokter tp blm sembuh juga. Teman saya menyarankan minum cetirizine. Tiap minum itu hbis makan batuk saya berkurang. Tp sya hrus minum obat ini 3x sehari sedangkan aturan minum ny hanya 1x sehari. Yg mau sya tanyakan apakah bahayany jika saya tetap minum obt ini 3x sehari dan obat apa yg sebaikny saya minum agar batuk ini segera hilang? Trimakasih.

    Hai, Batuk merupakan respon tubuh alami dari tubuh untuk membersihkan lendir, iritan, benda asing dan kuman. Beberapa kemungkinan penyebab batuk anda :

    1. Alergi
    2. Iritasi seperti asap rokok, zat kima pada makanan (pewarna,pengawet,penyedap rasa,dll)
    3. Infeksi Virus
    4. Infeksi bakteri
    5. Akibat penggunaan obat-obat tertentu seperti obat antihipertensi
    Cetirizin adalah obat antihistamin untuk menghalangi kerja histamin yang diproduksi oleh tubuh dan menimbulkan gejala alergi seperti hidung mampet/berair/gatal, mata gatal/merah, ruam pada kulit, dll. Dosis obat ini berbeda-beda untuk tiap pasien. Lazimnya untuk usia lebih dari 12 tahun, dosis yang diberikan 10 mg dengan frekuensi 1 kali sehari. Sama seperti obat lain, cetrizin juga memiliki efek samping yaitu mulut kering, pusing, rasa lelah, mengantuk, gangguan di perut seperti mual, reaksi hipersensitif pada kulit. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi batuk:
    1. Banyak minum air putih hangat
    2. Hindari makanan yang merangsang batuk
    3. Istirahat yang cukup
    4. Dapat mengoleskan balsam pada daerah leher/dada
    5. Jangan Merokok
    6. Dapat mengkonsumsi obat pereda batuk, tentunya disesuaikan dengan jenis batuk dan penyebabnya.
    Konsultasilah kembali keluhan anda dengan dokter agar dapat diketahui penyebab pasti. Pengobatan yang tepat disesuaikan dengan penyabab pasti keluhan anda.   Salam, dr.Agnes Maureen