Tanya Dokter

  • Penyakit dengan gejala batuk, nyeri sendi, dan demam

  •  alfa1993
    Anggota

    Selamat malam dokter. Jika berkenan saya ingin bertanya tentang penyakit yang baru saya derita. Saya laki-laki berusia 22 tahun.

    3 hari yang lalu ketika saya bangun tidur saya merasakan seperti ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan saya. Dan tubuh saya mendadak panas/demam disertai nyeri atau ngilu dipersendian kaki, tangan, pinggang dan punggung. Setelah itu saya mengobati demam saya dengan mandi air hangat dan banyak minum air putih. Setelah 2 hari demam dan sesuatu yang menganjal di tenggorokan saya pun hilang.

    Akan tetapi, meskipun demam dan radang tenggorokan saya telah sembuh. Sakit di persendian tangan, kaki, pinggang dan punggung saya sampai sekarang masih belum sembuh. Ditambah lagi dengan batuk yang semakin bertambah setelah demam saya sembuh. Padahal ketika saya masih demam batuk tidak begitu sering terjadi.

    Kira-kira apa nama penyakit saya dokter, dan bagaimana cara terbaik untuk menyembuhkannya? Karena saya ingin segera beraktivitas seperti biasa kembali.

    Atas perhatian dan bantuannya, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Salam.

    Hai Demam disertai batuk, dan nyeri tenggorokan dapat disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Sering akibat dari infeksi virus influenza, sehingga akan sembuh sendiri dengan istirahat, minum obat penurun demam, obat batuk,dll. Gejala biasanya akan membaik setelah 2-4 hari, namun gejala seperti batuk kering, lelah masih dapat tetap terjadi selama masa penyembuhan 14-20 hari sampai pulih sepenuhnya. Hal yang dapat Anda lakukan adalah:

    • Istirahat yang cukup
    • Banyak minum air putih hangat
    • Minum air madu campur lemon
    • Konsumsi buah-buahan dan sayuran
    • Berhenti merokok
    Mengenai penanganan batuk dapat Anda baca pada artikel dibawah ini Penanganan batuk Jika gejala batuk tidak membaik atau bahkan memberat disertai keluar darah, demam tinggi, nyeri telinga, sesak napas atau bengkak pada kelenjar getah bening, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan penanganan. Semoga membantu ya, lekas sembuh. Terima kasih. dr.Yan william