Tanya Dokter

  • Batuk berdahak tak kunjung sembuh

  • Halo dok. Papa saya seorang perokok yg bs dblg cukup berat. Belakangan ini dia sering batuk mengeluarkan dahak. Tapi sudah bbrp bulan ga sembuh2. Kira2 itu penyakit apa dok?
    Debby christiani  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    merokok merupakan suatu hal yang sangat tidak baik untuk kesehatan badan. Rokok dapat merusak berbagai organ tubuh seperti pembuluh darah, otak, jantung, ginjal, paru.

    Jika ayah anda memiliki riwayat perokok berat dan sekarang mengalami batuk yang cukup lama mungkin keadaan tersebut dapat disebabkan karena PPOK/ penyakit paru obstruktif kronis. PPOK sering terjadi pada orang perokok berat. PPOK menyebabkan tersumbatnya saluran nafas, dan biasanya terjadi kerusakan pada struktur paru. PPOK dapat menyebabkan gejala seperti sesak nafas, batuk berdahak dalam jangka waktu lama, bentuk dada menjadi membusung, berat badan menjadi menurun. PPOK merupakan suatu keadaan yang bersifat kronis dan memerlukan pengobatan medis secepatnya.

    tetapi selain itu, keadaan yang dialami ayah anda dapat juga disebabkan karena penyebab lainnya seperti:

    • bronkitis
    • bronkiektasis
    • TBC paru
    • pneumonia
    • tumor paru

    oleh karena itu, untuk menentukan penyebab dari keadaan ayah anda maka sebaiknya ayah anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter spesialis penyakit dalam sehingga dokter dapat melakukan pemeriksaan secara langsung. Mungkin nanti akan dilakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan darah, rontgen, EKG, atau CT scan jika memang diperlukan.

    disarankan agar ayah anda berhenti merokok. Hindari konsumsi makanan yang mengandung banyak penyedap. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan cepat atau joging. Hindari berada di lingkungan yang berpolusi tinggi. Konsumsi buah dan sayuran.

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Bahaya merokok

    semoga bermanfaat. Terimakasih

    dr. Danny