Tanya Dokter

  • batuk berdahak berkepanjangan

  •  maulina6174
    Anggota

    Dok,saya akhir2 ini sering btuk berdahak terkadang kering dan setiap batuk saya merasa gatal pada tenggorokan.gatal n batuk itu bisa terjadi selama 1/2 - 1 jam setiap kambuh.tetapi kambuhnya hanya terjadi setiap berapa jam sekali bahkan bisa 1 hari kemudian bisa kambuh lagi.selama terjadi batuk saya minum obat batuk atau madu untuk meredakan,terkadang saya malah sengaja tidak minum apapun karena pasti berhenti sendiri stlah beberapa menit itu.periksa ke dokter pernah saya mminta suntik untuk pengobatannya tp trnyata brp bulan kmudian setiap batuk sprti itu lg.ini sudah berlngsung slma 3 tahn dok siklus batuk yg sperti itu.minta saran n bagaimana pengobatannya

    Hai,   Batuk merupakan reaksi tubuh untuk mengeluarkan benda asing/ kotoran dalam saluran paru seseorang. Biasanya batuk bisa sembuh tanpa pengobatan dalam jangka waktu 2-3 minggu. Beberapa penyebab batuk berkepanjangan bisa disebabkan :

    1. Infeksi TB
    2. Pertusis
    3. Alergi
    4. PPOK
    5. Rokok
    6. Asma
    7. Infeksi saluran nafas atas = flu, pilek, radang sinus, radang tenggorokan
    8. Obat obatan
    9. Infeksi saluran nafas bawah = radang paru, bronkitis
    Untuk memastikan diagnosa , pemeriksaan fisik dan tes seperti tes darah, tes dahak, rontgen mungkin diperlukan. Dengan mengetahui penyebab yang mendasari batuk Anda maka penanganan yang tepat bisa diberikan. Untuk mengurangi batuk Anda bisa melakukan :
    1. Banyak minum air putih
    2. Berhenti merokok
    3. Jauhi perokok dan asap rokok
    4. Makan gizi seimbang
    5. istirahat cukup
    6. olahraga
    7. Minum air jahe
    8. minum lemon
    9. Mengenali dan menghindari penyebab alergi
    Semoga membantu.     dr. Yusi