Tanya Dokter

  • Batuk berdarah

  •  Iwan sudrajat
    Anggota

    Dokter saya mau bertanya istri saya sedang dalam pengobatan TBC. Sudah 7 bulan prosesnya karna 6 bulan kemarin belum bersih. Pada bulan 7 kondisi bagus batuk demam sudah hilang dan untuk berat badan sudah mulai naik tiap bulan. Cuma satu minggu ini istrisaya demam yang dia rasakan mual dan kepala pusing. Batuk nya kembali ada. Bahkan tadi siang batuknya mengeluarkan darah.Dokter sy minta tlng jelaskan sebenarnya apa yang terjadi terhadap istri saya. Dan apa yang sebaiknya saya lakukan.

    Dear Iwan, TBC merupakan penyakit infeksi yang masih cukup banyak terjadi di Indonesia. Pengobatannya antara 6-9 bulan dengan beberapa macam obat. Dengan meminumnya secara teratur sesuai anjuran dokter, penyakit ini dapat sembuh sempurna. Namun, beberapa orang cukup sensitif terhadap efek samping obat-obatan ini. Mual dan pusing adalah contoh efek samping yang sering terjadi, meski tidak dapat dipastikan apakah gejala yang istri Anda alami adalah efek samping obat atau gejala penyakit lain yang terpisah. Demam yang dirasakan bukanlah efek samping obat, kemungkinan ada infeksi virus atau bakteri lain yang terjadi pada saat pengobatan TBC. Batuk yang terjadi bisa merupakan kelanjutan dari penyakit TBC atau merupakan penyakit lain yang tidak terkait dengan TBC. Keluarnya darah saat batuk pada penderita TBC harus tetap diwaspadai sebagai pecahnya pembuluh darah di paru-paru akibat aktivitas bakteri TBC. Selain itu, batuk berdarah bisa disebabkan oleh:

    Segera konsultasikan dengan dokter, terutama berkaitan dengan batuk berdarah ini. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan menganjurkan pemeriksaan penunjang seperti tes laboratorium dan foto rontgen untuk melihat perjalanan penyakit TBC di dalam paru-paru maupun kemungkinan penyakit lain. Dokter akan menegakkan diagnosis dan memberikan terapi yang tepat. Berikut tips yang dapat dilakukan:
    • makan makanan bergizi seimbang untuk mempercepat pemulihan kondisi tubuh
    • minum air putih dalam jumlah cukup minimal 8 gelas perhari
    • kelola stres dengan baik
    • istirahat dan tidur cukup
    • minum obat dokter sampai tuntas
    Berikut laman yang dapat Anda baca: Tuberkulosis Mual Pusing Demikian penjelasan saya,semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya