Tanya Dokter

  • Penyebab batuk berdarah

  •  egi
    Anggota

    Dok saya mau tanya..saya sudah menderita batuk Berdahak selama kurang lebih 5bulan..tetapi kalo minum obat batuk nya reda stlah obt habis mulai batuk lagi..beberapa hari kemarin saya batuk gatal sekali hingga mengeluarkan banyak sekali darah itu knpa ya dok..tapi baru kemarin saja mengeluarkan darah nya..trimakasih dok..

    Dear Egi, Batuk merupakan reaksi normal saluran napas untuk mengeluarkan debu dan lendir yang ada dalam saluran napas. Namun karena berbagai sebab, batuk bisa menjadi berdahak banyak dan juga bisa mengeluarkan darah. Batuk berdarah bisa disebabkan oleh:

    Sebaiknya konsultasikan keluhan Anda dengan dokter agar dapat ditelusuri  riwayatnya. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin akan menganjurkan pemeriksaan penunjang seperti tes laboratorium, sampel dahak, dan foto rontgen. Dokter akan menegakkan diagnosis dan memberikan terapi yang sesuai. Penanganan batuk berdahak bergantung pada penyebabnya:
    • antibiotik untuk penyakit infeksi
    • steroid untuk peradangan
    • terapi radiasi dan kemoterapi untuk kanker
    • operasi bedah untuk kasus yang berat
    Berikut laman yang dapat Anda baca: Batuk darah Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya

    egi  egi
    Anggota

    Kira kira berapa ya dok biaya untuk sekali rontgen

    Dear Egi, Biaya foto rontgen bervariasi antara satu klinik atau rumah sakit dengan yang lainnya. Anda dapat mendatangi salah satu yang terdekat. Salam, dr. Rony

    egi  egi
    Anggota

    Biasa nya harga standar untuk foto rontgen berapa ya dok Terima kasih