Tanya Dokter

  • Penyebab batuk berdarah selama 1 bulan

  • pada awalnya bulan desember pas awal bulan saya sudah mulai batuk berdarah. saya kira batuk berdarah itu awalnya hanya panas dalam yang berlebihan. tetapi dalam waktu seminggu, dua minggu dan 3 minggu hingga sampai sekarang tidak juga hilang batuk berdarahnya dok? mohon masukannya dok

    Halo Hendrik.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami dengan keluhan utama berupa batuk yang disertai dengan udara, atau dalam bahasa medis disebut sebagai hemoptisis, dapat disebabkan oleh berbagai macam hal.

    Berikut ini beberapa kondisi yang dapat menyebabkan batuk darah, diantaranya adalah : bronkitis === peradangan pada jaringan paru-paru, tuberkulosis / TBC, kanker paru-paru, batuk parah yang berkepanjangan, varises bronkial pada penderita sirosis hati dan keadaan hipertensi portal lainnya, dan lain sebagainya.

    Oleh karena hal ini sudah Anda alami selama kurang lebih tiga minggu, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit dalam, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan di dokter, terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, pemeriksaan sampel darah, rontgen dada, dll., sehingga akhirnya segala sesuatunya terang dan jelas, dan akhirnya penanganan yang tepat dapat segera diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    HEMOPTISIS

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati