Tanya Dokter

  • Batuk dan ingus berdarah

  •  Efendi Ang
    Anggota
    Dok, saya mau tanya. Dalam 1 minggu lebih awalnya saya batuk kering tiap hari setelah rasa tidak enak saya minum anadex namun jdinya saya tetap tidak enak, malahan jika nelan rasanya nyeri. Kemudian besoknya saya minum FG Thorces tablet hisap untuk mengencerkan dahak dan besoknya tidak sakit waktu nelan dan keluar dahak. Namun pada malam hari batuk saya mengeluarkan dahak dan bercampur darah dan ingus juga ada darah agak coklat dan sudah keluar sebanyak 2 kali lagi besoknya. Kira2 penyebabnya apa ya dok? Sebelumnya saya tidak merokok namun sebelumnya saya suka makan gorengan dan es. Terima kasih dok

    Halo,

    Bercak darah yang keluar bersamaan dengan batuk dan pilek dapat disebabkan oleh iritasi dinding dalam hidung karena mengeluarkan cairan hidung terlalu kuat, atau dapat juga merupakan tanda serius dari flu yang berat.

    Batuk sebenarnya merupakan cara tubuh mempertahankan saluran nafas dari gangguan kuman/kotoran. Batuk berfungsi membersihkan lendir dan faktor penyebab iritasi atau bahan iritan (seperti debu atau asap) agar keluar dari paru-paru dan saluran pernafasan. Sedangkan pilek adalah cara tubuh memproduksi lebih banyak lendir agar kuman, dan kotoran mudah terbawa keluar dari hidung.

    Bila keluhan yang Anda alami kurang dari 2 minggu, kemungkinan Anda mengalami selesma.

    Selesma merupakan infeksi saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus ringan yang dapat sembuh dengan sendirinya.

    Keluhan yang muncul biasanya demam, batuk, hidung tersumbat/gatal/pilek, nyeri/pegal di seluruh tubuh, badan terasa mudah lelah dan lemas. Biasanya dalam 1 sampai 2 minggu keluhan akan membaik dengan sendirinya.

    Anda dapat mengatasi keluhan-keluhan selesma di rumah dengan penanganan sederhana :

    • Konsumsi air minum dalam jumlah yang cukup, terutama air hangat. Lebih banyak mengkonsumsi makanan berkuah bergizi seimbang.
    • Istirahat dengan cukup terutama di malam hari (minimal 7 jam sehari).
    • Jaga kebersihan tangan terutama setelah membersihkan hidung dan saat batuk. Segera buang tissue di tempat sampah, kemudian cuci tangan dengan air mengalir dan sabun.
    • Tutup mulut Anda ketika batuk menggunakan lipatan lengan atau tissue.
    • Gunakan masker untuk mencegah penularan pada orang di sekitar Anda.
    • Konsumsi obat batuk pilek yang dijual bebas tanpa resep Dokter. Perhatikan cara minum dan dosisnya.

     

    FG Troches merupakan jenis obat yang berisi antibiotik. Konsumsi antibiotik hanya boleh dilakukan bila Dokter telah melakukan pemeriksaan medis langsung pada diri Anda. Sebaiknya segera hentikan konsumsi FG troches. Baca di sini mengenai Antibiotik.

    Bila keluhan batuk pilek berbercak darah dan keluhan lain tetap mengganggu dalam 3 hari atau dalam 24 jam ke depan, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan Dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan medis menyeluruh dan cermat, dan bila diperlukan merujuk Anda untuk melakukan pemeriksaan penunjang seperti tes darah, rontgen dada, dan swab tenggorokan. Pemeriksaan penunjang dilakukan bila dicurigai ada kondisi sakit yang lebih serius.

    Dokter akan menganalisis penyebab dan diagnosis kondisi Anda, kemudian menentukan penanganan lebih lanjut.

    Beberapa kondisi medis yang mungkin perlu diwaspadai adalah infeksi pernafasan berat, seperti radang saluran nafas menuju ke paru-paru (bronkitis) dan infeksi paru-paru (pneumonia).

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda.

     

    Salam sehat, Dr. Caecilia Haryu Aryapti.