Tanya Dokter

  • Batuk dan sesak napas

  •  kiyfa
    Anggota

    Hallo dok,

    Dok saya mau tanya, 5 hari yg lalukan saya tiba-tiba sakit tenggorokan tapi setelah 3hari itu sakit tenggorokan disertai batuk saya sudah periksa ke klinik tapi kata dokter ini gelaja flu biasa tapi makin hari batuknya makin terasa parah dok dan saya pun terkadang merasa sesak nafas dan dada saya sakit obat yg dokter kasih juga gak ada perubahannya dok ditambah saya bekerja pada ruangan berAC, yang saya mau tanyakan sebenarnya batuk saya ini batuk flu biasa atau karna penyakit lain ? dan apa harus ada pemeriksaan lebih lanjut dok ?

     

    kiyfa  kiyfa
    Anggota

    kiyfa October 23, 2015 at 1:37 pm Hallo dok, Dok saya mau tanya, 5 hari yg lalukan saya tiba-tiba sakit tenggorokan tapi setelah 3hari itu sakit tenggorokan disertai batuk saya sudah periksa ke klinik tapi kata dokter ini gelaja flu biasa tapi makin hari batuknya makin terasa parah dok dan saya pun terkadang merasa sesak nafas dan dada saya sakit obat yg dokter kasih juga gak ada perubahannya dok ditambah saya bekerja pada ruangan berAC, yang saya mau tanyakan sebenarnya batuk saya ini batuk flu biasa atau karna penyakit lain ? dan apa harus ada pemeriksaan lebih lanjut dok ? terimakasih.  
     

    Hai, Batuk disertai sesak nafas dapat disebabkan oleh berbagai kemungkinan berikut ini:

    Jika keluhan yang dialami tidak kunjung membaik sebaiknya Anda kembali berkonsultasi dengan dokter yang merawat untuk menelusuri kemungkinan adanya penyebab lain yang mendasari. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk menilai perkembangan kondisi setelah pengobatan yang sebelumnya, dan jika diperlukan dokter akan menganjurkan pemeriksaan penunjang seperti X-Ray, CT Scan dan sebagainya. Dengan mengetahui penyebabnya maka penanganan yang tepat akan dapat diberikan. Berikut anjuran yang dapat dilakukan:
    • Tidur dan istirahat yang cukup
    • Makan secara teratur dengan gizi seimbang untuk menjaga daya tahan tubuh
    • Minum air putih 8-10 gelas sehari untuk melembabkan tenggorokan
    • Hindari jenis makanan yang terlalu pedas, asam, berlemak, atau makanan yang digoreng
    • Berkumur dengan air hangat yang diberi sedikit garam akan dapat membantu mengurangi iritasi tenggorokan
    • Hindari paparan zat-zat yang dapat memicu alergi (debu tungau, asap, suhu dingin, bulu binatang dll)
    • Kenakan masker saat berpergian keluar rumah
    Baca laman artikel berikut ini: Batuk-batuk Penyebab sering sesak nafas Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman