Tanya Dokter

  • Penyembuhan batuk darah

  •  Tito Hermawan
    Anggota

    Halo dok, saya pelajar umur 17 tahun beberapa bulan terakhir ini saya sering batuk keluar darah dok terkadang disertai dengan dahak, kadang warna darahnya merah cerah kadang merah gelap. Tidak pernah ada gejala seperti pusing dll cuman batuk dan kadang kalok buat nafas mengeluarkan suara seperti ada riak ditenggorokkan, tapi itu darah yang keluar. Pernah saya periksa katanya cuman iritasi setelah saya minum obatnya memang sembuh tapi beberapa minggu kumat lagi dok. Nah itu termasuk penyakit/iritasi dok ? dan gmna cara penyembuhannya ?

    Hai Tito Gejala batuk disertai dahak berdarah dapat disebabkan oleh beberapa penyakit, dibawah ini 4 penyakit paru yang sering menyebabkan gejala batuk darah:

    • Bronkitis. Peradangan paru berulang yang sering disebabkan oleh polusi seperti merokok, asap rokok, asap pabrik, debu, bahan kimia, dsb. Batuk biasanya berlangsung lama, disertai dahak dan sesak napas.
    • Tuberkulosis (TBC). Infeksi paru akibat bakteri Micobacterium tuberculosis. Gejalanya antara lain batuk lama, berdahak disertai darah, sesak napas, demam terutama saat malam hari dan penurunan berat badan.
    • Pneumonia. Infeksi jaringan paru bisa disebabkan oleh bakteri lain atau virus. Gejalanya adalah adanya demam, batuk berdahak, dan sesak napas
    • Bronkiektasis. Infeksi berulang pada paru sehingga terjadi kerusakan elastisitas saluran paru. Gejalanya mirip dengan bronkitis namun biasanya dahak lebih banyak dan berbau busuk.
    Untuk mencari penyebabnya diperlukan informasi lebih lengkap mengenai gejala Anda, pemeriksaan fisik langsung serta pemeriksaan penunjang seperti foto ronsen dada, pemeriksaan darah dan dahak. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Penyebab batuk darah. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william