Tanya Dokter

  • Penyebab batuk disertai darah

  •  Jhon Jonor
    Anggota
    Selamat paggi dok. Usia sy 45 thn.sdh beberapa hari ini sy mengalami batuk2. Kemarin tengah hr sy mandi saat batuk dahaknya bercampur dgn darah tp hanya sebentar. Nanti pd subuh tadi br ada lg dan sedikit agak banyak dibanding kemarin setelah itu sampai sy menulis pertanyaan ini sdh tdk ada lagi. Apakah itu berbahaya? mohon solusinya

    Hai Jhon Jonor. Terima kasih atas pertanyaan anda.

    Batuk adalah respons alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan saluran napas jika terdapat gangguan dari luar yang berfungsi membersihkan lendir atau faktor penyebab iritasi atau bahan iritan (seperti debu atau asap) agar keluar dari paru-paru. 

    Batuk berdahak disertai darah dapat disebabkan oleh :

    Untuk mencari tahu penyebab keluhan anda maka sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan memeriksa anda mulai dari menanyakan keluhan anda. melakukan pemeriksaan fisik, dan jika memang diperlukan dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan lab darah, dahak, rontgen, ct scan, dll sesuai indikasi medis sehingga dokter akan menemukan penyebab keluhan anda dan memberikan terapi berdasarkan penyebab keluhan anda dan kondisi anda saat berobat.

    Semoga bermanfaat.

    Salam, dr. Dian