Tanya Dokter

  • batuk disertai darah

  • dok, mengapa saya kemaren batuk berdahak disertai dengan darah, dan kepala saya juga pusing, apakah penyakit yang saya alami ini dok ?

    terima kasih <div id="__if72ru4sdfsdfrkjahiuyi_once" style="display: none;"></div> <div id="__if72ru4sdfsdfruh7fewui_once" style="display: none;"></div> <div id="__hggasdgjhsagd_once" style="display: none;"></div>

    Hai, Batuk darah atau dalam bahasa medis hemoptisis adalah berdahak atau batuk yang mengeluarkan darah dari saluran napas bagian bawah yaitu paru-paru atau percabangan bronkus.  Darah yang keluar bisa banyak, sedikit atau hanya berupa garis merah di dahak. Beberapa penyebab batuk darah yaitu :

    1. infeksi (peradangan pada bronkus, TBC, pneumonia)
    2. Bronchiectasis ; penyakit saluran napas yang berat akibat pelebaran yang tidak normal pada saluran napas besar (bronkus) dan bersifat menetap akibat rusaknya dinding saluran napas besar(bronkus).
    3. kistik fibrosis yaitu penyakit yang ditandai dengan penumpukan cairan tidak normal yang dikeluarkan oleh kelenjar-kelenjar di paru yang menyebabkan sesak napas, peradangan pada paru-paru sampai kerusakan paru.
    4. peradangan pada pembuluh darah di paru
    5. kanker
    Selain dari saluran napas bawah (paru dan bronkus),batuk darah dapat berasal dari mulut, tenggorokan, lambung. Untuk memastikan penyebabnya, anda harus periksa ke dokter. Pemeriksaan perlu dilakukan untuk mengetahui penyebab pasti dan mendapat pengobatan yang tepat. Beberapa pemeriksaan yang dapat dilakukan antara lain pemeriksaan dahak, kultur dahak, pemeriksaan darah, foto/sinar X rongga dada, bronkoskopi atau CT Scan. Salam, dr. Agnes Maureen