Tanya Dokter

  • Solusi atasi batuk tak kunjung sembuh

  •  Saffiyah
    Anggota
    Siang dok . Minggu lalu sy terkena radang tenggorokan dan waktunya sebentar, kemudian batuk2 kembali sekitar 5 hari yg lalu sampai sekarang . Batuknya kering terus menerus . 2 hari pertama disertai meriang suhunya 38°c . Suhu sekarang sudah normal tetapi batuk masih terus2an tidak berhenti . Sampai perut rasanya sakit sekali . Hari 2 hari yg lalu juga sy sudah priksa ke dokter, dan obat pun sudah habis . Tetap saja batuk tidak berhenti . Obat yg diberikan ada 4 macam, 2 diantaranya vitamin c dan antibiotik cefadroxil 500mg. 1 obat batuk radang (tulisan diobatnya "mef") dan 1 obat batpil paraflu . Obat yg masih tersisa tinggal vitamin dan antibiotiknya . Tapi batuk tak kunjung reda justru semakin jadi dan tidak berhenti . Apakah saya harus priksa lagi dok ? Dan baiknya dengan dokter yg sama atau dengan dokter yg berbeda . Terimakasih .

    Hallo Saffiyah,

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter,

    Batuk merupakan respons alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan saluran napas jika terdapat gangguan dari luar. Respons ini berfungsi membersihkan lendir atau faktor penyebab iritasi atau bahan iritan (seperti debu atau asap) agar keluar dari paru-paru. Beberapa batuk memang memerlukan waktu untuk penyembuhan. Batuk dapat terjadi hingga waktu 3 minggu. Namun batuk yang diobati akan sembuh lebih cepat pada umumnya. Batuk biasanya paling umum disebabkan adanya infeksi saluran pernapasan akibat virus, Influenza. Selain itu ada beberapa penyebab batuk antara lain:

    • Penyakit jangka panjang yang kambuh, misalnya asma, Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), atau bronkitis kronis.
    • Rinitis alergi, misalnya alergi terhadap serbuk sari (hay fever).
    • GERD. Penyakit ini menyebabkan asam lambung berkumpul pada esofagus dan memicu batuk.
    • Cairan dari hidung yang menetes ke tenggorokan.
    • Merokok atau menggunakan tembakau dengan cara lain.
    • Paparan debu, asap, serta senyawa kimia.

    Jika batuk anda belum membaik anda dapat melakukan kontrol kembali ke dokter anda sebelumnya, dokter akan melakukan evaluasi ulang keadaan anda. Dokter yang sebelumnya menangani anda sudah memiliki catetan mesdis anda sehingga lebih memudahkan evaluasi pengobatan selanjutnya. Anda juga harus menghabiskan antibiotik anda agar tidak terjadi resistensi antibiotik.

    Semoga bermanfaat dan membantu,

    dr. Uswatun