Tanya Dokter

  • batuk kering dan pengobatannya

  • selamat pagi dokter. . anakku ini batuk pilek waktu bulan puasa kemarin, batuknya itu kalau udah batuk sekali batuk terus kadang sampe muntah, sempet diperiksa ke dokter umum, di kasih saran jangan deket" sama lingkungan perokok, sempet sembuh dok, sampe abis lebaran anakku batuk tp sesekali tp ya itu klo batuk sekali lanjut terus g berhenti", kadang batuknya karena debu, makanan manis buatan, langsung batuk dok, dan sekarang lg batuk pilek. . yg sy ingin tanyakan dok, anakku itu kenapa ya? apa ada yg aneh sama paru" anakku dok? sy pengen cek dok, cuma masih bingung mau bilang apa kerumah sakit dok. . anakku itu dari lahir berat bayi lahir rendah dok, karena anakku lahir kembar di usia kandungan 32-34 ky dok. . sekarang anakku usia 3 tahun oktober nanti, ukuran bbnya 11 kg semua dok, yg sering batuk itu anak pertama ku dok, sedangkan sy punya kucing di rumah dok. . tolong penjelasannya y dok. . terimakasih sebelumnya dok. .

    Halo,   Batuk merupakan reaksi saluran nafas yang normal untuk membersihkan rongga pernafasan paru kita dari benda asing. Pada batuk kering anak bisa disebabkan karena :

    1. infeksi virus flu
    2. Batuk pertusis / batuk rejan
    3. Bronkitis
    4. Alergi = bulu kucing, debu, makanan manis, dingin dll
    5. Iritasi akibat debu, rokok, bau bauan menyengat dll
    6. Radang tenggorokan
    7. dll.
    Untuk mengetahui penyebab batuk anak Anda maka pemeriksaan ke dokter disertai tes medis seperti tes darah, tes mantoux, tes dahak (jika ada) dan foto rontgen bisa dilakukan untuk mengetahui penyebabnya. Dengan melakukan pemeriksaan diatas maka penyebab bisa diketahui dan pengobatan serta pencegahan batuk bisa diterapkan. Untuk mengurangi batuk pada Anak Anda , Anda sebaiknya melakukan beberapa cara seperti :
    1. Berikan air perasan lemon dan madu untuk melegakan tenggorokan.
    2. banyak minum air putih hangat.
    3. Kurangi makanan/ minuman manis.
    4. Jauhkan dari benda yang mungkin mengiritasi seperti rokok, debu, boneka, bulu kucing, dll.
    5. Cukup istirahat.
    6. fisioterapi
    7.  Berikan uap air panas untuk membantu meredakan batuk.
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    terima kasih dokter atas jawabannya. .