Tanya Dokter

  • penyebab dan mengatasi diare

  •  Estero
    Anggota
    Hallo dokter, Anak saya usia 5 thn sdh bbrp hari batuk namun sejak 2 hari lalu di pagi hari muntah dan pupnya air ( ada amps/ kerasnya juga). Kemarin pagi muntah karena makan tapi diemut lalu krn batuk jdnya muntah. Tadi pagi krn saya mau kasih obat tradisional yg pahit karena ketika pagi pipis, spt ada pup cair sedikit. Saya pikir masih ada diare. Lalu td sore menolak makan dan mau menunggu saya pulang kerja baru mau makan, tp dia masih mengeluh sedikit pusing sehingga selalu tiduran. Ketika mau makan, dia mengatakan ingin muntah, dan benar, ia muntah cukup banyak. Saya lalu berikan obat tradisional bw putih digeprek lalu seduh air panas, ditunggu ahangat baru airbya diberikan 2 sdm. Anak saya lalu keluar keringat dan pup. Pupnya masi ada cairan plus amps namun warnanya pucat. Kira-kira kenapa ya dok? Terimakasih banyak.

    Hai,

    Diare ditandai dengan meningkatnya frekuensi BAB, dengan konsistensi tinja yang lembek atau cair. Diare pada anak dapat terjadi akibat mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi kuman, misalnya dari tangan yang kotor, atau kontak langsung dengan kotoran, sehingga kuman masuk ke tubuh. Beberapa penyebab diare diantaranya:

    • infeksi virus, seperti rotavirus, bakteri, atau parasit
    • keracunan makanan
    • alergi makanan

    Lakukan hal-hal berikut untuk penanganan diare pada anak:

    • Pastikan agar anak tetap mendapat asupan cairan yang cukup untuk mencegah dehidrasi
    • Berikan anak makanan yang bergizi, lebih baik dengan porsi kecil tetapi lebih sering. Hindari pemberian buah dalam bentuk jus karena dapat memperburuk diare. Hindari pemberian makanan dengan lemak tinggi atau gula yang tinggi. 
    • Tanda dehidrasi pada anak, misalnya frekuensi BAK yang jarang, urin pekat, mukosa bibir kering, mata cekung, saat menangis tidak ada air mata, kulit kering, maupun nadi yang cepat namun lemah.  

      Jika diare belum membaik atau disertai dengan demam, disarankan untuk memeriksakan anak Anda ke dokter. Sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan tes penunjang yang diperlukan seperti tes darah atau pemeriksaan sampel tinja. Dokter akan memberikan pengobatan yang tepat sesuai dengan penyebab medis yang mendasarinya.

      Halaman berikut membahas 

      Penanganan diare pada anak

      Gastroenteritis

      Pencegahan diare

       

       

       

      Semoga bermanfaat,

      dr. Jessica