Tanya Dokter

  • mengatasi batuk pada anak

  •  Anita Chu
    Anggota
    Selamat sore dok, dok sy mau ty bila dalam 1 hr terdengar anak batuk 1 kali boleh kah langsung diberi obat, trus bener kah klo lg batuk, jgn diberi susu, krn akan memperparah batuk.

    Terima kasih Anita Chu atas pertanyaannya.

    Batuk merupakan suatu mekanisme pertahanan tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang terdapat di dalam saluran nafas. Benda asing disini dapat bermacam-macam, bisa berupa debu, sel-sel radang (jika terjadi infeksi), makanan yang tersedak, dan lain-lain. Beberapa penyebab batuk pada anak:

    1. Alergi (termasuk asma)

    2. Infeksi saluran nafas baik (pada anak paling sering disebabkan oleh virus dan bakteri)

    3. Tersedak

    Anda perlu memperhatikan kondisi lain yang menyertai anak Anda. Jika hanya terjadi batuk 1x dalam 1 hari tanpa disertai kondisi lain, nampaknya Anda tidak perlu khawatir. Penggunaan obat khususnya pada anak kecil harus hati-hati. Pemberian susu pun tidak masalah selama penyebab batuk anak Anda bukan karena tersedak. Jika dilihat dari frekuensinya 1x dalam sehari, mungkin batuk tersebut terjadi ketika ada benda asing seperti debu yang masuk ke saluran pernafasan sehingga tubuh anak Anda berusaha mengeluarkannya kembali.

    Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan segera bawa ke pelayanan kesehatan jika:

    1. Frekuensi batuk sering dan menyebabkan anak sesak nafas (dapat Anda lihat dari frekuensi nafasnya yang meningkat)

    2. Demam

    3. Berat badan yang tidak naik bahkan cenderung turun

    4. Anak semakin lemas dan tidak mau makan

    Jika Anda menemui tanda-tanda demikian, segera bawa ke pelayanan kesehatan terdekat. Namun jika keluhannya hanya batuk 1x sehari, sebaiknya tidak langsung diberikan obat dan konsumsi makanan tetap diberikan seperti biasa.

    Anda juga dapat membaca artikel terkait:

    Menyikapi batuk pada anak

    Demikian jawaban dari saya, semoga membantu

    dr. Andika Surya