Tanya Dokter

  • Penanganan batuk disertai muntah pada balita

  • Dok, anak saya usia 22 bulan menderita batuk kering, menurut dokter di Puskesmas, selama lebih dari dua minggu, saya lupa pastinya tp mungkin sudah sebulanan. Dan, ketika batuk seringkali disertai muntah, terutama di malam hari. Pertanyaannya apakah ini batuk biasa yg akan sembuh setelah beberapa waktu, atau perlu penanganan khusus? Terima kasih

    Hai, Batuk pada anak-anak bisa disebabkan oleh:

    Sebagai infeksi virus, biasanya batuk akibat infeksi saluran napas atas akan membaik dengan sendirinya dalam 1 minggu. Jika tidak kunjung membaik, mungkin terdapat infeksi bakteri yang mendasari. Selain infeksi virus/bakteri, batuk pada anak-anak bisa jadi disebabkan oleh asma, alergi, atau gangguan pada THT seperti sinusitis. Penyakit asam lambung, yaitu aliran balik asam lambung ke mulut juga dapat memicu anak batuk. Batuk melibatkan peningkatan tekanan perut secara tiba-tiba karena itu berkaitan dengan muntah. Hal ini biasanya tidak banyak bermakna secara klinis. Untuk memastikan penyebab batuk tersebut, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter / Spesialis Anak (Sp. A). Mungkin diperlukan pemeriksaan uji suntik kulit dan foto Roentgen untuk menunjang diagnosis. Setelah penyebabnya jelas, barulah penanganan yang tepat bisa diberikan. Tips berikut mungkin membantu:
    • Bersihkan secara berkala kain-kain di sekitar tempat tidur anak dan sumber debu (mis. jendela, ventilasi, kipas angin, AC, dsb,)
    • Hindari paparan asap rokok dan debu kendaraan
    • Menghirup uap air hangat dapat membantu meredakan batuk anak, mis. dengan mandi air hangat
    Baca juga tips menyikapi batuk pada anak Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma